Duh Sudah Bulan Ke 8 Masih Ada 10 Desa Yang Belum Mencairkan Samisade

  • Whatsapp

BOGOR , Ceklissatu. Com-– Program  Bantuan Samisade tampaknya  sudsh bulan ke 8 ini masih ada juga yang belum merealisasikannya. Bahkan  dari 434 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bogor yang mengusulkan Program  Satu Milyar Satu Desa (Samisade) yang digulirkan oleh Bupati Bogor,  menyisakan 10 Desa lagi.

Seperti diungkapkan  Koordinator Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Bogor, Dadan Syarif dari 434 Desa dan Kelurahan, masih ada 10 desa yang lagi yang belum mencairkan anggaran  Samisade tahap pertama. Salah satunya, Desa Kota Batu, Kecamatan Ciomas.

Bacaan Lainnya

Lambatnya pencairan, salah satunya faktor SDM di Desa. Ketika ada persoalan kelengkapan  administrasi tentang program Samisade yang belum jelas, staf Desa bertanya ke Pendamping Desa.

“Sayang jika anggaran Samisade tidak bisa terserap oleh Desa. Namun, saya optimis sisanya 10 Desa lagi bisa mencair Program Samisade, ” ujarnya.

Menurut Dadan, Program Samisade merupakan icon kabupaten Bogor karena hanya satu-satunya ada di Indonesia. Program Samisade seharus sudah bisa diliris pada 2019, karena anggaran digunakan untuk penanganan Covid 19 sehingga baru bisa di launcing pada 2021.

Karena salah satunya program yang ada di Indonesia, sehingga menjadi sorotan semua pihak. Untuk itu, dirinya meminta kepada Desa agar mengerjakan progam Samisade sesuai dengan juknisnya dan tidak keluar aturan.

“Agar tidak lagi ada Desa yang lambat mencairkan Program Samisade tahap pertama, Buat evaluasi Kabupaten Bogor yakni dari sisi perencanaan agar lebih matang lagi, ” ungkapnya.

Dadan mengungkapkan disisa waktu tiga bulan lagi, untuk tahap kedua pencairan anggaran Samisade masih bisa terkejar. Sebab, ketika pengerjaan Samisade sudah mencapai 70 persen, Desa sudah bisa mengusulkan pencairan Samisade tahap kedua.

Selama itu, ia juga menghimbau kepada TPK Desa ketika pembangunan Samisade sudah rampung agar membuatkan berita acara serah Terima dari TPK ke Kepala Desa.

“Wajib TPK  membuatkan berita acara serah Terima. Sebab, salah satunya bentuk pertanggungjawaban administrasi yakni adanya berita acara serah Terima pekerjaan.”pungkasnya.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *