Dua Wakil Rakyat Hadiri Panen Raya di KWT Sehati Curug

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Dua wakil rakyat yakni Jenal Mutaqin dan Achmad Rifki Alaydrus bersama Kabid Ketahanan Pangan Soni Gumelar dan Camat Bogor Barat Abdurrahman serta Lurah Curug Irwansyah menghadiri panen raya perdana di KWT Sehati, Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Minggu (14/11/2021).

Mereka turut memetik dan memanen sayuran yang ada di lokasi KWT Sehati Curug. Kemudian membeli produk UMKM buatan masyarakat sekitar. Bukan itu saja, panen raya ini pun turut dimeriahkan live musik dari Komunitas Penyanyi Jalanan (KPJ).

Bacaan Lainnya

Jenal Mutaqin mengatakan, membangun sebuah KWT itu ada tiga yaitu dukungan dari aparat wilayah, kemudian dari SDM masyarakat serta niat yang tulus dalam membangun dan membesarkan wilayah, dalam hal ini di bidang pertanian dan ketahanan pangan.

“Kelompok Wanita Tani (KWT) dimanapun, termasuk saya yang kebetulan berdomisili di Bogor Timur, kalau tidak diurus, kalau tidak didukung, kalau tidak ada niat yang terus menerus tentu KWT tidak akan maju. Tapi saya melihat disini KWT-nya aktif, kompak dan semangat, serta ada dukungan dari aparat wilayah sehingga menghasilkan tanaman sayuran yang luar biasa, apalagi ini panen perdana dan saya secara pribadi mengapresiasinya,” kata Jenal Mutaqin di lokasi.

Kang JM (sapaan akrab Jenal) ini menuturkan, bahwa lahan pertanian di Kota Bogor kini sudah semakin sempit, dimana pada 2009 lalu, Kota Bogor masih memiliki 900 hektare, namun di tahun ini tinggal 30 hektare. Hal itu, disebabkan karena adanya pertumbuhan ekonomi dan juga bertambahnya penduduk, sehingga banyak lahan pertanian beralih fungsi menjadi perumahan maupun pemukiman.

“Kebetulan di sini juga ada perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor, jadi sampaikan saja apa yang bisa dirasakan, dimanfaatkan oleh kelompok kelompok tani, baik program pupuk, pembinaan atau program lainnya yang berhubungan dengan kelompok tani,” ujar JM.

JM yang kini duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini menambahkan, apalagi di kelurahan Curug ini berada di dapil-nya Anggota DPRD Kota Bogor Fraksi PAN yakni Rifki Alaydrus yang tentunya harus terus didukung dan didorong untuk kemajuan wilayah Kecamatan Bogor Barat.

“Kembali lagi faktor majunya KWT itu ada tiga yaitu dukungan dari aparat wilayah, SDM-nya dan niatnya yang tulus, apalagi di sini ada kang Rifky Alaydrus, jadi harus sama-sama membangun sinergitas,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bogor Fraksi PAN, Achmad Rifky Alaydrus mengatakan, semenjak Kelurahan Curug di pimpin Irwansyah terlihat cukup kompak dan solid.

Selain itu, Ia pun menyampaikan bahwa keberadaan KWT tak lain untuk menjaga ketahanan pangan yang ada di wilayahnya, terlebih dalam membantu program pemerintah didalam menekan angka stunting yang ada di Kota Bogor.

Bukan itu saja, Ia pun mengajak kepada semua stakeholder terutama dinas terkait untuk menjaga lahan pertanian yang saat ini sudah semakin sempit. “Ya, tadi disampaikan juga bahwa lahan pertanian di Kota Bogor kini tinggal 30 hektare, sehingga kita harus komitmen menjaga lahan-lahan yang ada di Kota Bogor dengan baik, misalnya ada lahan tidur milik pemerintah ya kita manfaatkan dengan baik, kita tanam sehingga hasilnya pun bisa dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *