DPRD Kota Peringatkan PT MSJ Lanjutan Pembangunan BORR Seksi IIIB

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Zaenal Abidin salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jawa Barat, peringatkan PT Marga Sarana Jabar (MSJ) agar berhati-hati menentukan desain perencanaan pembangunan Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIIB akan segera dilanjut. Berdasarkan informasi yang dihimpun, pembebasan laham akan dilaksanakan pada 2022 mendatang.

“Apabila berkaca dari pembangunan seksi sebelumnya, desain jalan hingga ramp yang ada, berdampak buruk secara tidak langsung terhadap sisi perekonomian,”ungkapnya kepada awak media, Senin (01/11/2021).

Kendati merupakan wakil rakyat dapil Tanahsareal, namun ia mengaku belum mengetahui perihal rencana pembebasan lahan dan rencana ruislag dengan lahan milik pemkot.

“Ini harus hati-hati dalam mendesain jalan-nya dan menentukan lahan mana saja yang mau dipakai. Jangan sampai pengalaman yang lalu terjadi kembali,” kata H Zaenal.

Salah satu contohnya, pembangunan ramp di dekat RS Bunda Suryatni. Padahal, tak jauh dari sana terdapat jalan kecil menuju pemukiman.

Namun, pembebasan belum dapat dilakukan, sehingga kendaraan ukuran besar tak dapat masuk. “Kan itu sampai sekarang belum dibebaskan, sehingga nutupin akses,” katanya.

Alhasil, warung di sekitar terkena imbas. Ia menyebut hal itu akibat perencanaan yang tak cermat. “BORR memang untuk kepentingan orang banyak, tapi setidaknya mesti benar-benar cermat dalam perencanaan, sehingga tak berdampak negatif,” jelasnya.

Diketahui Ssebelumnya, perubahan desain pembangunan lanjutan Jalan Tol BORR Seksi IIIB di kawasan Kecamatan Tanahsareal, rupanya tidak hanya berdampak pada perencanaan pembangunan strategis milik Pemkot Bogor. Namun juga warga yang harus merelakan tanahnya digusur akibat proyek strategis nasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *