BOGOR, CEKLISSATU - Dalam momentum keberkahan selama bulan suci Ramadan, Dewan Pimpinan Komisariat (DPK) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Bogor I melaksanakan Safari Ramadan dengan menyantuni anak yatim di Yayasan Cahaya Yatim Ak Ikhlas, Pabuaran Cibinong, Kabupaten Bogor pada Rabu, 3 Maret 2024.

Selain melakukan santunan kepada anak yatim, DPK PPNI Bogor I juga melakukan pembagian takjil gratis di kawasan Cibinong City Mall (CCM) bagi masyarakat yang menjalankan ibadah puasa.

Ketua DPK PPNI Bogor I, Rosano Dwi Montana mengatakan bahwa bakti sosial yang dilakukan hari ini sebagai bentuk penyaluran amanah dari para pengurus dan anggota yang berjumlah lebih dari 700 orang perawat dari 5 kecamatan yakni Cibinong, Sukaraja, Babakan Madang, Citeureup dan Gunung Putri.

Baca Juga : Kapolres Kediri Ajak Jurnalis Bersinergi dan Sukseskan Perayaan Idul Fitri 1445H

"Alhamdulillah dalam momentum di bulan suci Ramadan ini, kami bisa berbagi sedikit rezeki dari pengurus dan anggota PPNI Bogor I. Insyaallah kegiatan ini akan rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun secara bergantian dengan harapan ada kontribusi dari para perawat dan tetap eksis di tengah masyarakat," ucapnya.

Pria yang akrab disapa Kang Ebo ini mengungkapkan bahwa organisasi profesi perawat memiliki motto 'Tak Sedarah tapi Satu Jiwa' dan mempunyai visi yakni Bersatu bergerak berjuang bersama wujudkan perubahan.

Adapun PPNI dibentuk, lanjut Kang Ebo, pada tanggal 17 Maret 1974 dengan kebulatan tekad spirit yang dicetuskan oleh perintis perawat bahwa tenaga keperawatan harus berada pada wadah atau organisasi profesi perawat Indonesia.

"Pada masa itu sebelum tahun 1974 organisasi perawat di Indonesia sudah berkembang pesat sesuai dengan zamannya, sejak zaman penjajahan perawat Indonesia sudah ada seiring dengan adanya Rumah Sakit," jelasnya.

"PPNI saat ini berproses pada kematangan organisasi dan mempersiapkan anggotanya dalam berperan nyata pada masyarakat dengan memperkecil kesenjangan dalam pelayanan kesehatan, mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan, serta mendapatkan kesamaan pelayanan yang berkualitas (closing the gap; increasing acces and equity)," tambahnya.

Sementara itu, bakti sosial yang dilakukan DPK PPNI Bogor I mendapat sambutan hangat dari pihak Yayasan Cahaya Yatim A Ikhlas dan diterima oleh H. Syarbini selaku ketua yayasan.

H. Syarbini mengucapkan terima kasih atas kehadiran tamu istimewa dari DPK PPNI Bogor I dibawah pimpinan Rosano Dwi Montana.

"Terima kasih kami haturkan kepada para tamu istimewa yang telah mengungkapkan tentang maksud dan tujuan tiba di yayasan kami untuk memberikan santunan kepada anak-anak kita yang berada di bawah binaan Yayasan Cahaya Yatim Al Ikhlas," imbuhnya.

H. Syarbini menuturkan bahwa ada sekitar 80 anak yatim yang ada di Yayasan Cahaya Yatim Al Ikhlas. Mereka hadir dan serentak bermunajat pada Allah SWT agar apa yang telah diberikan oleh DPK PPNI Bogor I dapat menjadi amal ibadah dengan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. 

"Kepada pengurus dan anggota DPK PPNI Bogor I semoga dapat menjalankan tugas mulianya sebagai perawat dengan mendapat bimbingan dan ridho Allah SWT. Demikian pula kepada para anggota PPNI yang telah gugur dalam melaksanakan tugas terutama selama pandemi Covid-19 lalu agar mendapatkan tempat yang layak di sisi Alloh SWT," katanya.