Disdik Kota Bogor Anggarkan Miliaran Rupiah Untuk Perbaikan Sekolah

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor, Hanafi. Foto: Wulan

BOGOR, Ceklissatu.com – Pada tahun 2022, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor menganggarkan Rp37 miliar untuk perbaikan bangunan Sekolah Dasar (SD) yang mengalami rusak ringan hingga berat.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bogor, Hanafi menyampaikan, anggaran Rp37 miliar itu untuk perbaikan sebanyak 22 bangunan SD yang tersebar di Kota Bogor. Mengingat, pembelajaran tatap muka (PTM) akan digelar pada awal Oktober 2021.

Bacaan Lainnya

Peristiwa ambruknya dua ruang kelas di SD Otistas pada Kamis (16/9/2021) menjadi alarm untuk Pemkot Bogor. Guna perbaikan SD tersebut, Dinas Pendidikan menggunakan anggaran Biaya Tidak Terduga (BTT) BPBD Kota Bogor 2021. Saat ini, pihaknya tengah memetakan sekolah-sekolah yang perlu diperbaiki pada tahun anggaran 2022.

“Yang sudah melaporkan ke kami banyak SD. Kalau kita keliling lagi mungkin akan menemukan lagi dengan bervariasi kerusakannya,” kata Hanafi.

Anggaran sebesar Rp37 miliar itu akan dibagi untuk keperluan perbaikan konstruksi bangunan maupun alat penunjang lainnya, seperti bangku, meja dan lemari.

“Idealnya kita menginginkan semua sekolah tuh bagus. Tapi melihat dari sisi kemampuan yang perlu dibangun di Kota Bogor ini tidak hanya sekolah, hal-hal yang lain pun ada,” terangnya.

Kendati demikian, bangunan SMP belum menjadi prioritasnya, sedangkan untuk SMA/SMK atau yang sederajat merupakan kewenangan Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, untuk perbaikan ambruknya atap SD Negeri Otista, kata Hanafi bersifat darurat sesuai instruksi Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto untuk segera dilakukan perbaikan melalui anggaran Biaya Tak Terduga (BTT).

Dari sebanyak 22 SD yang perlu perbaikan pada tahun 2022 mendatang, besaran biaya yang harus dikeluarkan untuk tiap-tiap sekolah hingga kini, BPBD masih mendata dan menghitung sebelum dilaporkan kepada DPRD Kota Bogor dan Wali Kota Bogor.

Diketahui, di Kota Bogor terdapat sebanyak 1.390 sekolah jenjang SD hingga SMA/SMK atau yang sederajat, terdiri atas SD Negeri berjumlah 212, SD Swasta berjumlah 130, sehingga total ada 342 SD.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *