Disdik Klaim Siap Gelar KBM Tatap Muka

Disdik Klaim Siap Gelar KBM Tatap Muka

BOGOR, Ceklissatu.com – Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) mengizinkan sekolah tatap muka pada tahun 2021, diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah (Pemda).

Di Kabupaten Bogor, kebijakan tersebut disambut baik oleh Dinas Pendidikan (Disdik). Bahkan, Disdik mengklaim optimis Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka bisa dimulai di Januari 2021.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah menyusun skema dan teknis penyelenggaraan pembelajaran tatap muka ini,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Entis Sutisna.

Meski menyerahkan sepenuhnya kepada Pemda, Kemendikbud memberikan enam syarat yang harus dipenuhi sebelum dan saat sekolah tatap muka dilaksanakan.

Pertama, Pemda atau sekolah wajib menyediakan sarana sanitasi dan kebersihan. Seperti toilet bersih dan layak, sarana cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer dan
disinfektan.

Kedua, Pemda atau sekolah harus mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan.

Ketiga, Pemda dan sekolah harus memastikan kesiapan menerapkan wajib masker.

Keempat, Pemda dan sekolah wajib memiliki thermogun.

Kelima, Pemda dan sekolah harus memiliki pemetaan warga satuan pendidikan yang memiliki komorbid tidak terkontrol, tidak memiliki akses terhadap transportasi yang aman, memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat risiko Covid-19 yang tinggi atau riwayat kontak dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan belum menyelesaikan isolasi mandiri.

Dan keenam, Pemda atau sekolah harus terlebih dulu mendapatkan persetujuan komite sekolah atau perwakilan orangtua atau wali.

Pemkab Bogor mengklaim jika sudah mengintruksikan kepada seluruh sekolah untuk mempersiapkan secara teknis sarana dan prasarana yang dibutuhkan atau harus disiapkan dalam melaksanakan KBM tatap muka.

Bahkan, Entis mengatakan, dalam rangka memaksimalkan KBM tatap muka, Pemkab Bogor juga telah menyiapkan sistem monitoring dan evaluasi teknis pola mengajar bagi tenaga pendidik, kependidikan hingga peserta didik sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

“KBM tatap muka pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini meliputi PAUD, SD, hingga SMP. Kami sudah menyusun skema dan teknisinya, dan sudah siap melakukan pembelajaran tatap muka,” jelas Entis.

 

 

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *