Diduga Dampak Proyek Bendungan, Ikan Petani Mati di Sukabirus Megamendung

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Ratusan kilogram ikan milik petani di Kampung Sukabirus, RT 04/05 Desa Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, mati mendadak. Diduga matinya ikan mas, lele dan mujair ini diakibatkan dampak proyek pembangunan Bendungan Cipayung dan Sukamahi.

Petani ikan, Samsul mengatakan, kematian ikan ternaknya berlangsung sejak dua hari lalu.

Bacaan Lainnya

“Kejadiannya diketahui Kamis (4/11/2021) pagi sekitar pukul 06.00 WIB. Pas saya ke kolam mendapati ikan sudah banyak mengambang mati karena air kondisinya keruh parah,” ujar Samsul pada wartawan, kemarin

Saluran air yang mengairi kolam ikan warga berasal dari aliran sungai Ciliwung terdampak proyek Bendung Sukamahi, sehingga menjadi keruh. Selain itu juga diduga air dipenuhi tanah dan juga limbah dari sisa betonisasi.

Dinar warga Kampung Pandansari RT 04/03 Desa Pandansari, Kecamatan Ciawi mengaku aktifitas jual beli ikan terhenti akibat kondisi air yang berubah warna.

“Waktu awal proyek Bendungan Ciawi dimulai kondisi air di sini berubah warna, dari situ saya coba paksakan jualan ikan ternyata banyak yang mati akhirnya dari situ saya sudah tidak lagi jualan,” ucap Dinar.

Keduanya berharap, kondisi ini segera selesai. Tidak hanya itu, dianjuga meminta pihak proyek untuk memperhatikan dampak pekerjaan tersebut terhadap warga.

“Kami ingin proyek bendungan bertanggung jawab pada setiap akibat yang ditimbulkan dari pekerjaannya,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *