Diduga Akibat Galian C, 10 Rumah di Cipinang Rumpin Retak dan Rusak

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com— Retakan tanah di lokasi longsor kembali terjadi di Kampung Ciater, RT 01, RW 07, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor pada Kamis malam Pukul 23.00 Wib (9/9/2021).

Retakan itu terjadi di area longsor beberapa waktu lalu yang membuat akses Penghubung alternatif Rumpin dan Parung Panjang terputus. Bahkan mengakibatkan 10 rumah warga alami retak-retak dan penghuninya harus mengungsi lantaran rawan untuk dihuni.

Bacaan Lainnya

Diketahui lokasi titik longsor dan pergeseran tanah itu tidak jauh dari area Perusahaan Tambang Galian C Di Desa Cipinang.

Camat Rumpin Ade Zulfahmi mengatakan pergeseran tanah yang terjadi pada kami malam tidak sampai mengakibatkan terjadinya longsor.

“Hanya pergerakan tanah saja, tidak sampai longsor, ada 10 rumah tapi itu sudah kosong, warga tetap waspada,”kata Camat.

Sementara Itu Menurut Ketua Himpunan Mahasiswa Rumpin (HMR) Ibnu menuturkan yang datang ke lokasi pada Kamis malam mengatakan akibat pergerakan tanah itu beberapa area jalan retak dan rumah warga roboh.

“Kami berharap Perusahaan galian C tidak egois dan bertanggung jawab dengan sepenuhnya kepada masyarakat yang terdampak longsor dan rusak berat, dengan memberikan hak-hak yang di inginkan korban sesuai demi keterjaminan keselamatan dan kenyamanan warga, jangan sampai tutup mata seolah-olah tidak ada apa-apa”pintanya.

Tidak hanya itu HMR menyatakan begitupun dengan Pemkab Bogor, agar lebih simpati lagi dengan keadaan masyarakat terdampak longsor.

“Dengan mendorong upaya percepatan penyelesaian yang sampai hari ini masih menjadi bola liar tanpa kejelasan mengenai keterjaminan”pungkasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *