Di Kabupaten Bogor Tak Ada Bansos Tahap Empat

Di Kabupaten Bogor Tak Ada Bansos Tahap Empat

BOGOR,Ceklissatu.com – Bantuan sosial (Bansos) Bupati Bogor, hanya sampai pada tahap tiga. Selanjutnya, setelah bantuan ketiga ini selesai, tak ada lagi bansos Bupati yang akan diterima masyarakat di Kabupaten Bogor.

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, kemungkinan tersebut telah diancang-ancang dalam draft Rancangan APBD Perubahan (APBD-P) 2020. Meski pergeseran anggaran penanganan Covid-19 akan kembali ditambah, namun bansos takkan berlanjut lagi ke tahap berikutnya. Menurutnya, bansos itu selesai dalam tiga tahap, sesuai dengan refocussing anggaran sebelumnya.

Bacaan Lainnya

“Mungkin kita akan lebih condong kepada bantuan-bantuan seperti di bidang pendidikan, kelompok, atau yang lain. (Bansos) itu dialihkan. Belum ada, juga kelihatan (pengalokasian bansos melalui draft Rancangan APBD-P),” ungkap Iwan, Rabu (7/10/20).

Menurutnya, fokus utama Pemkab Bogor untuk saat ini cenderung ke arah pemulihan kesehatan dan ekonomi. Program-program yang dicanangkan lewat APBD-P juga akan lebih banyak menyasar pemulihan ekonomi, terutama pariwisata.

Pemkab menganggap aktifitas warga sudah bisa kembali seperti biasanya dengan beberapa kelonggaran dalam aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pra-Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Lebih jauh Iwan menjelaskan, perlahan masyarakat mulai bangkit dari masa-masa sulit di awal pandemi. Sehingga Pemkab bakal mengalihkan bansos itu untuk stimulan lainnya demi mendongkrak perputaran ekonomi.

Namun ia memastikan jika bansos yang sudah dijalankan dan yang sedang beproses, itu juga akan kembali dievaluasi.

“Bansos itu akan kita evaluasi apakah lebih tepat sasaran atau sekadar pencegahan. Kita lebih fokus ke pencegahannya (untuk penanganan Covid-19). Karena sekarang ada kebijakan-kebijakan yang dilonggarkan, maka stimulan langsung ke masyarakat kayaknya sudah mulai dikurangi,” tegasnya.

Penyaluran bansos bupati baru rampung dua tahap. Sementara itu, tahap ketiga baru akan disalurkan pada Oktober ini. Targetnya, bansos tahap ketiga itu bisa rampung dalam waktu sebulan. Bulog telah melakukan evaluasi dan menganggap bahwa tak ada kendala lagi untuk menuntaskan penyaluran tersebut.

 

 

Editor : Daus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *