Dewan Ingatkan Soal Tanggung Jawab Pada Pelantikan Pemuda Muhammadiyah

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, H. Agus Salim mengingatkan pemuda memiliki peranan penting dalam proses perjalanan bangsa ini. Pemuda punya tanggung jawab besar untuk melanjutkan cita-cita kemerdekaan yang diwarisi para pendiri bangsa.

“Negeri ini merupakan karunia yang luar biasa yang dititipkan kepada kita. Para pendiri mengamanatkan agar kita tetap menjaga kebhinekaan kita dan mewujudkan cita-cita bangsa kita,” ujar, Agus Salim, saat mengisi materi kebangsaan pada acara pelantikan Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bogor di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Sabtu (13/11/21).

Bacaan Lainnya

Tanggung jawab ini, lanjut dia, sebagian besar ada di punggung pemuda. Politisi PKS tersebut mengungkapkan jumlah penduduk Indonesia berdasarkan data BPS yang dirilis Februari 2021 mencapai 270 juta jiwa dan Kabupaten Bogor dengan 5,5 juta jiwa menjadi daerah dengan jumlah penduduk terbesar se Indonesia.

“Dari jumlah itu sekitar 50 persen masuk kategori pemuda. Ini menjadi potensi yang sangat luar biasa,” kata dia.

Namun demikian, lanjutnya, potensi bisa berbalik menjadi beban jika bangsa ini gagal mendidik generasi mudanya dengan baik. Karena itu, generasi Muhammdiyah harus mencontoh generasi pendahulu mengingat organisasi tersebut sudah ada sejak 1932.

“Muhammadiyah punya kontribusi yang amat besar untuk negeri ini. Muhammadiyah punya sekolah dan rumah sakit yang luar biasa dan juga peran penting dalam kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya,” jelasnya.

Agus Salim juga mengingatkan, Indonesia bukan negara agama dan juga bukan negara sekuler. Sesuai dengan pembukaan Undang-Undang Dasar, kata dia, Indonesia adalah negara Ketuhanan yang artinya menjadikan agama sebagai landasan negara.

Selain itu, amanat kemerdekaan yang harus terus diperjuangkan adalah mencerdaskan kehidupan bangsa, kesejahteraan dan keadilan sosial, serta turut serta dalam menjaga perdamaian dunia.

“Kita punya potensi yang luar biasa dan itu sebagian besarnya ada di tangan pemuda,” katanya.

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bogor. Rudy berharap, Pemuda Muhammadiyah berkontribusi dalam mencetak generasi muda yang kuat untuk menerima estafet kepemimpinan saat ini dan masa yang akan datang.

“Atas nama pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bogor Kami ucapkan selamat kepada pengurus yang dilantik dan seluruh kader pemuda muhammadiyah Kabupaten Bogor,” katanya.

Rudy mengatakan tantangan pemuda saat ini sangat besar. Pemuda hari ini, kata dia, harus berdiri di atas nilai-nilai luhur kebudayaan bangsa sendiri, adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan memainkan peran strategis dalam pergaulan internasional. “Kita adalah bangsa yang besar karena keragaman dan kekayaan alamnya. karena itu persatuan dan kesatuan harus kita jaga, bangga dengan budaya kita sendiri, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” katanya

Rudy berpesan, untuk menjawab tantangan mengisi kemerdekaan saat ini, pemuda Muhammadiyah harus bersinergi dengan semua pihak, termasuk dengan organisasi kepemudaan lainnya. “Kita tidak mungkin berjuang sendirian, harus sinergi dengan organisasi kepemudaan lainnya, termasuk kami di DPRD siap bersinergi,” tandasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *