Demi Cegah Corona, 295 Napi di Kota Depok Dikeluarkan

  • Whatsapp
Kepala Rutan Kelas I Kota Depok, Dedy Cahyadi (Ceklissatu.com/Faisal)

DEPOK, Ceklissatu.com – Sebanyak 295 narapidana di Rutan Kelas I Kota Depok, Jawa Barat akan dikeluarkan sesuai arahan dalam penanggulangan bencana Covid-19.

Kepala Rutan Kelas I Kota Depok, Dedy Cahyadi menyampaikan program ini akan dimulai sejak 1-7 April 2020,”Jadi total pada hari ini ada 8 orang. 6 orang sudah dikeluarkan dan tinggal menunggu surat pembebasan,” kata Dedy Cahyadi kapada Ceklissatu.com Rabu (1/4).

Bacaan Lainnya

Dikatakannya program ini merupakan merupakan tindak lanjut dari program pusat yang saat ini  telah mendata akan mengeluarkan sejumlah 30.000 narapidana di Indonesia.

Sejumlah narapidana yang mendapat hak asimilasi ini sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) tentang syarat pemberian asimiliasi dan hak integrasi bagi napi dan anak dalam rangka pencegahan penanggulangan penyebaran covid-19.

Kemudian dicantumkan juga dalam SK Menkumham nomor M.HH-19.PK.01.04 tahun 2020 tentang pembebasan narapidana dan anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19.

Diperkuat juga denga Surat Edaran Dirjen pemasytarakatan nomor pas 497.PK.01.04 tahun 2020 tentang pengeluaran dan pembebasan napi dan anak melalui asimilasi dan integrasi dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19 tanggal 31 maret 2020.

Dedy mengungkap bahwa pihaknya sudah menyusun kriteria tertentu berbasiskan data internal yang dimilikinya untuk kemudian mengeliminasi siapa yang akan mendapatkan asimilasi.

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *