DBD Mewabah di Kabupaten Bogor, Dinkes Sebut Ribuan Kasus Terjadi Sepanjang 2021

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Kasus Demam Berdarah Dengue atau DBD mulai mewabah di Kabupaten Bogor. Sebelumnya, DBD pun telah menewaskan dua orang penduduk di Kecamatan Nanggung beberapa waktu lalu.

“Jadi daerah kita itu endemik DBD, kalau endemik itu kan memang setiap tahun pasti ada DBD. Kami mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan pola hidup bersih juga sehat,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Agus Fauzi, Senin (21/11).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, potensi DBD itu semakin tinggi saat Kabupaten Bogor mulai memasuki musim penghujan. Sehingga, kewaspadaan pun harus ditingkatkan.

Disamping itu, Dinkes Kabupaten Bogor mencatat sebanyak 1.025 kasus DBD terjadi sepanjang tahun 2021 atau sampai 17 November 2021. Angka tersebut lebih sedikit dibanding dengan kasus ditahun sebelumnya pada periode yang sama sebanyak 1.296 kasus.

Agus mengklaim jika pihaknya sudah melakukan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat. Dengan mengedukasi dan sosialisasi akan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kami sudah lakukan upaya, melakukan sosialisasi mengedukasi masyarakat dengan menggerakkan tenaga di puskesmas,” jelasnya.

“Puskesmas melakukan penyuluhan kepada masyarakat. Pentingnya 3M, menjaga lingkungan yang bersih. Itu harus dilakukan,” imbuh Agus.

Jika mendapati kasus tersebut, dia mengaku langsung bergerak menuju lokasi kejadian melalui tenaga kesehatan di puskesmas.

Kalau sudah ada kasus, sambungnya, pertama pihaknya penyelidikan epidemiologi dengan mendatangi lokasi dimana DBD itu terjangkit.

“Setelah itu Kami lakukan pemeriksaan jentik. Kalau positif, dilakukan penyemprotan atau fogging biasanya 100-200 meter dari lokasi pasien yang terjangkit,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *