Dampak Proyek Double Track, Mulai Hari Ini Ruas Jalan Pahlawan Dialihkan

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Satlantas Polresta Bogor Kota mulai hari ini mengalihkan arus lalulintas di dua titik jalan, yakni ruas Jalan Pahlawan, Kecamatan Bogor Selatan dan Jalan Paledang Kecamatan Bogor Tengah, Rabu (24/2/2021).

Rencananya pengalihan tersebut dilaksanakan hingga enam bulan ke depan, dampak dari pembangunan jalur rel ganda atau double track. Namun tak ditutup total, petugas sudah menyiapkan jembatan sementara atau jembatan bailey untuk kedua jalur tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Unit (Kanit) Turjawali Polresta Bogor Kota, AKP Budi Suratman menjelaskan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) sudah dua kali melangsungkan gladi atau ujicoba pada jembatan bailey itu.

“Pengalihan arus dilaksanakan karena kegiatannya pembongkaran jembatan. Sehingga pelaksanaan pengalihan arus pagi ketemu pagi lagi,” tuturnya.

Tak hanya itu, Budi kembali menegaskan kendaraan yang melintas juga dibatasi yakni kendaraan umum dan kendaraan pribadi saja. Kendaraan besar seperti truk, tronton, dan kendaraan berat lainnya juga dihimbau untuk tidak melintasi Jalan Pahlawan atau Jalan Paledang.

Bahkan, petugas menempatkan alat pengukur kendaraan di dekat Jalan Pahlawan, tepatnya di Simpang Bogor Nirwana Residence (BNR) agar tidak ada kendaraan besar yang bisa menerobos.

Himbauan sudah ada, rambu-rambu dan papan sosialisasi sudah dipasang diberbagai titik pintu masuk ke wilayah Jalan Paledang dan Jalan Pahlawan.

Sama halnya dengan Jalan Paledang, petugas akan ditempatkan di Pertigaan Bank BNI. Sehingga, kendaraan yang bisa memasuki Jalan Paledang hanya kendaraan umum dan kendaraan pribadi, kecuali kendaraan besar.

Sementara, Pengelolaan Jalan dan Jembatan PUPR Provinsi Jawa Barat, Agus Sanusi mengatakan sementara waktu untuk meminimalisir terhambatnya lalulintas maka dibangunlah jembatan darurat atau jembatan bailey

“Kita membangun jembatan bailey atau jembatan darurat kemudian itu pelaksanaannya juga dengan PT KAI,” ujarnya saat mengawasi rekayasa lalulintas di Jalan Pahlawan, Empang, Kota Bogor, Rabu (24/2/2021).

Ia mengaku hanya mengawasi rekayasa lalulintas terkait dengan proyek double track kereta api jalur Bogor-Sukabumi.

“Pengawasan saja apa kekurangan-kekurangannya itu akan kita koordinasikan kepada pelaksana proyek,” ungkapnya.

Sambung Agus Sanusi, mengatakan bahwa rekayasa lalulintas tersebut sepenuhnya merupakan penangungjawab pelaksanaan PT KAI.

“Saya dari Provinsi Jawa Barat, kita hanya sinerginiritas saja antara Dishub Provinsi, Dishub Kota Bogor, dan Satlantas yang terkait,” pungkasnya.

 

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *