Capaian Vaksinasi Lansia Rendah, Kabupaten Bogor Terkurung di PPKM Level 3

  • Whatsapp
Warga mengikuti vaksinasi massal dosis pertama di area parkir DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong, Kamis (30/9/2021). Ceklissatu.com/Dwi Susanto

BOGOR, Ceklissatu.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor masih harus terkurung pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Musabab, capaian vaksinasi lansia masih di bawah 40 persen.

Bupati Bogor, Ade Yasin membenarkan hal tersebut. Menurutnya, vaksinasi lansia saat ini menjadi fokus Pemkab Bogor.

Bacaan Lainnya

“Vaksinasi lansia di Kabupaten Bogor masih sekitar 30,81 persen, minimal kita harus 40 persen untuk lansia. Ini harus dipercepat untuk menguatkan herd immunity, termasuk menurunkan PPKM ke level 2,” kata Ade Yasin, Jumat (19/11/21).

Menurutnya, banyak faktor yang membuat lambatnya realisasi vaksin kepada lansia. Diantaranya, para lansia tak sedikit yang tidak ingin datang ke sentra-sentra vaksinasi karena jarak yang cukup jauh dari kediamannya, begitu juga masih ada lansia yang takut divaksin lantaran karena memiliki komorbid atau yang lainnya.

“Untuk itu setiap desa harus membuat gerai vaksin demi memudahkan akses masyarakat mendapatkan vaksin, bekerja sama dengan TNI, Polri dan Puskesmas, serta melakukan penjemputan Lansia apabila diperlukan,” jelasnya.

Kabupaten Bogor sendiri ditargetkan pusat untuk menyelesaikan target vaksinasi sebanyak 4,2 juta atau sekitar 8,4 juta dosis hingga Desember 2021.

Dari total penduduk 5,5 juta jiwa, realisasi capaian vaksin per 15 November 2021 dosis pertama sebanyak 2.279.285 atau setara 53,94 persen, dosis kedua sebanyak 1.608.680 atau setara 38,07 persen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *