Bupati Ngotot Rumpin Jadi Ibu Kota Bogor Barat, Ada Apa?

  • Whatsapp
Bupati Ngotot Rumpin Jadi Ibu Kota Bogor Barat, Ada Apa?

BOGOR, Ceklissatu.com – Bupati Bogor, Ade Yasin, masih kekeuh menjadikan Rumpin sebagai calon Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat, meski Cigudeg sudah lebih dulu masuk dalam pengajuan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Diketahui, Kecamatan Cigudeg sudah masuk dalam pengajuan pembentukan DOB yang telah mendapatkan persetujuan dari Pemprov dan DPRD Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Progres itu jauh lebih cepat dibanding Rumpin dalam penentuan calon Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat. Bahkan, Cigudeg sudah sampai pada tahap pengkajian, dibanding Rumpin yang baru dihembuskan belakangan ini.

Ade Yasin menilai, pergeseran penentuan daerah calon Ibu Kota Kabupaten Barat dari Cigudeg ke Rumpin bukan tanpa alasan. Salah satunya karena Cigudeg merupakan wilayah rentan bencana seperti yang terjadi di awal tahun.

Seharusnya menurut Ade, titik ibu kota berada di tanah yang stabil. Karena dia meyakini, jika lokasi ini kota tepat, maka akan mendatangkan manfaat yang lebih, terutama investor.

“Untuk ibu kota kemarin sih masih Cigudeg kan. Tapi saya minta (Rumpin) dikaji. Mudah-mudahan pusat mengkaji lagi,” kata Ade Yasin, Kamis (10/12/20).

Namun di samping itu, pembentukan DOB Kabupaten Bogor barat menurutnya sebagai kebutuhan. Sebab, wilayah Kabupaten Bogor saat ini sangat lah besar ditambah jumlah penduduk yang sangat banyak.

Dia pun meyakini Kabupaten Bogor Barat akan bisa berdiri secara mandiri. Dia mengklaim jika saat ini potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah tersebut telah menyentuh kisaran Rp300 miliar per tahun.

Jumlah ini dianggap Ade Yasin cukup besar dan bisa menjadi modal untuk kemandirian Bogor Barat.

“Sekitar Rp 300 miliar extising hari ini, bisa juga lebih dari itu. Karena setiap DOB bisa berhasil kalau ada peningkatan PAD,” tandasnya.

 

 

Editor : Daus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *