Bupati Bogor Perintahkan Kadisdukcapil Data Warga Dokumen Hilang atau Rusak

BOGOR – Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan bahwa dirinya sudah memerintahkan Kadisdukcapil untuk mendata bagi masyarakat Kabupaten Bogor di lokasi bencana yang kehilangan surat administrasi seperti KTP, Akte kelahiran, maupun kartu identitas anak.

“Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Bogor, telah menyiapkan tim untuk melaksanakan pengurusan proses pengembalian data, dan tidak dipungut biaya apapun,” katanya di Cibinong kepada wartawan, Jumat (10/1/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dan pada hari ini diperoleh informasi bahwa petugas sedang mendata warga di Cigudeg, yang merupakan salah satu daerah bencana.

“Sementara untuk Ijazah yang hilang atau rusak, Pemerintah Daerah akan mengeluarkan surat keterangan melalui Dinas Pendidikan sebagai pengganti ijazah yang hilang maupun rusak,” terangnya.

Sementara itu Kasie Pindah Datang dan Pendataan Penduduk pada Disdukcapil Kabupaten Bogor, Budi Badarutaman mengatakan, untuk pendataan penduduk korban bencana bagi yang telah melakukan perekaman, jajarannya hanya perlu melakukan cek mata (Biometrik) dan penelusuran database kependudukan yang bersangkutan di kantor kecamatan setempat.

Adapun, bagi korban bencana yang belum pernah memiliki data sekalipun atau tak pernah melakukan perekaman cukup hanya dengan mengisi formulir pengajuan data baru.

“Nama formulirnya F.1-01, cukup dengan mengisi itu penerbitan data kependudukan bagi korban bencana alam yang terdapat di 26 Kecamatan bisa kami langsung terbitkan,” kata Budi.

Penulis: Sahrul Nur Rahmat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *