Bunga Bangkai Mekar di Kebun Raya Cibodas

  • Whatsapp

CIANJUR, Ceklissatu.com – Bunga Bangkai (Amorphophallus titanum), mekar di Kebun Raya Cibodas, dengan tinggi mecapai 289 cm. tumbuhan langka ini merupakan hasil ekplorasi para peneliti Kebun Raya Cibodas (KRC)-BRIN, dari Bukit Sungai Talang, TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat), Sumatera Barat.

Sub Koordinator Humas Kebun Raya Cibodas (KRC)-BRIN  (Badan Riset dan Inovasi Nasional), Nanang Suryana, mengatakan, Amorphophallus titanum mekar pada Selasa (12/10) malam, dengan tinggi bunga mencapai 289 cm, kondisi bunga saat mekar penuh terlihat indah, dengan tongkol bunga (spadiks) berwarna kuning, yang dikelilingi oleh seludang bunga (Spatha) yang berwana merah keunguan.

Bacaan Lainnya

Jumlah koleksi bunga bangkai (Amorphophallus titanum)  di  Kebun Raya Cibodas saat ini ada 13 specimen, yang terdiri dari 1 specimen  merupakan induk hasil pengoleksian yang berupa umbi, sedangkan 12 specimen lainnya merupakan hasil perbanyakan dari biji, yang ditanam sejak 2003 lalu.

Koleksi Bunga bangkai  yang ada di Kebun Raya Cibodas, merupakan hasil eksplorasi para peneliti Kebun Raya Cibodas (KRC)- BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), dari Bukit Sungai Talang, TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat )  Sumatera Barat.

Bunga raksasa ini termasuk kategori tumbuhan langka, berdasarkan klasifikasi dari IUCN (International Union for Conservation of Nature). Keberadaannya di alam juga dilindungi oleh peraturan pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *