Bulan Puasa, Vaksinasi Kota Bogor Mengikuti Arahan MUI

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan fatwa baru terkait vaksin Covid-19. Fatwa tersebut bernomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa. Berdasarkan fatwa itu, vaksinasi yang dilakukan dengan penyuntikan vaksin tidak membatalkan puasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Dr Sri Nowo Retno menegaskan jika vaksinasi pada bulan ramadan tidak membatalkan puasa. Apalagi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah mengeluarkan fatwa terkait hal ini.

Bacaan Lainnya

“Kita telah terima surat dari MUI bahwa vaksinasi itu tidak membatalkan puasa artinya memang di bulan puasa kita bisa melakukan vaksinasi,” kata Retno, seusai meninjau vaksinasi massal pedagang, di Gedung Pasar Kebonkembang Blok F Kota Bogor, Jumat (19/3/2021).

Retno mengatakan pihaknya akan terlebih dahulu mengedukasi masyarakat terkait dilaksanakannya vaksinasi di bulan puasa.

“Kemarin memang beberapa kami antisipasi, karena biasanya kalau di bulan puasa ada sebagian yang tidak mau divaksin dengan alasan boleh tidaknya divaksin. Kemudian juga bagaimana dengan kesehatan saya lah, nanti gimana dalam keadaan puasa divaksin,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan waktu vaksinasi yang biasanya pagi sampai sore, nantinya ada kemungkinan vaksinasi dilakukan pada malam hari.

“Bisa malam hari ya, kita liat dulu nanti ya sambil liat respon masyarakat,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Retno akan melihat respon dari masyarakat terlebih dahulu. Namun Ia menghimbau mengikuti arahan dari MUI.

 

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *