BMKG Sebut Musim Penghujan Datang Lebih Awal

  • Whatsapp
Ilustrasi Hujan

BOGOR, Ceklissatu.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Kota Bogor secara umum memasuki musim penghujan lebih awal. Beberapa hari terakhir kondisi cuaca di Kota Bogor diguyur hujan ringan hingga lebat yang disertai angin hingga petir.

Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko, Fathuri mengatakan bahwa menurut prediksi BMKG Pusat di beberapa wilayah Indonesia terjadi musim hujan lebih cepat.

Bacaan Lainnya

“Prediksi dari BMKG pusat, musim hujan tahun ini tiba lebih awal. Untuk pekan awal September ini memang ada gangguan atmosfer di wilayah Indonesia sehingga Curah Hujan meningkat di beberapa wilayah,” kata Fathuri, Kamis (9/9/2021).

Fathuri menyampaikan, bahwa jika uap air yang terkandung cukup banyak, maka curah hujan yang lebat dapat disertai angin kencang dan petir di wilayah Bogor dan sekitarnya.

“Jadi berpotensi pada daerah-daerah yang dikelilingi oleh pegunungan seperti daerah Bogor dan sekitarnya,” ujarnya.

Seperti di wilayah puncak dan sekitarnya kata Fathuri, kondisi curah hujan diperkuat oleh faktor lokal (pegunungan). Sehingga cuaca pun dapat cepat berubah karena uap air jika menapaki daerah yang lebih tinggi akan cepat berkondensasi menjadi awan dan hujan.

Oleh sebab itu, pihakya mengimbau kepada masyarakat ketika terjadi hujan lebat yang disertai angin hingga petir. Diimbau agar masyarakat untuk tetap tenang dan berteduh di tempat yang aman.

Lebih lanjut, hindari berteduh di bawah pohon yang menjulang seperti pohon kelapa dan pohon palm, karena bentuk kedua daun pohon tersebut dapat menjadi perantara sambaran petir dan hindari pula menggunakan ponsel dan peralatan elektronik lainnya untuk mencegah lompatan listrik.

Kemudian selain itu, untuk lebih aman jangan berkendara di jalan raya yang terdapat pohon-pohon peneduh jalan, karena angin kencang dapat kapan saja menumbangkan pohon tersebut.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *