Betty Epsilon Idroos Salah Satu Nama dari 14 Calon Anggota KPU yang Disodorkan ke Presiden

Betty Epsilon Idroos, salah satu calon anggota KPU RI periode 2022-2027 yang diajukan tim seleksi ke Presiden Jokowi (istimewa)

JAKARTA, CEKLISSATU – Betty Epsilon Idroos salah satu nama calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari 14 nama yang di sodorkan oleh tim seleksi kepada Presiden Joko Widodo di di Istana Kepresidenan. Jokowi bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melaporkan hasil seleksi anggota KPU dan Bawaslu sebagaimana diamanatkan oleh undang-undang kepada tim seleksi.

“Kami tadi melaporkan mengenai proses seleksi selama tiga bulan mulai dari pengumuman pendaftaran, penerimaan pendaftaran, seleksi administrasi, tes tertulis, tes psikologi, tes kesehatan, wawancara kemudian juga _profiling_ atau menggali rekam jejak dari setiap bakal calon. Kami tadi sudah menyampaikan nama-nama yang sudah kami putuskan melalui rapat pleno tim seleksi hari kemarin, tanggal 5 Januari 2022,” jelas Ketua Tim Seleksi, Juri Ardiantoro, dalam keterangannya selepas diterima Presiden.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan Keputusan Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum dan Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Masa Jabatan Tahun 2022-2027 Nomor: 358/TIMSEL/I/2022, ditetapkan 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu.

Adapun keempat belas nama calon anggota KPU yang terdiri atas 10 orang laki-laki dan empat orang perempuan tersebut adalah August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ar, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne. Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan dan Yulianto Sudrajat. Dari 14 calon anggota KPU akan dipilih 7 orang untuk menjadi anggota KPU, dimana pada susunan anggota KPU saat ini keterwakilan dari kaum perempuan baru satu orang.

Dari daftar nama calon anggota KPU RI periode 2022-2027 yang diajukan tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027 tampak nama Ketua KPU Jakarta, Betty Epsilon Idroos. Betty salah satu dari empat calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) masa jabatan 2022-2027 yang mewakili kaum perempuan yang disodorkan oleh tim seleksi kepada Presiden Jokowi.
Betty sendiri bukan orang baru dalam urusan pelaksanan pemilu. Ibu dari tiga anak ini telah terlibat dalam proses pemilu dan demokrasi sejak dia masih jadi mahasiswi di IPB Bogor. Dia terpilih menjadi volunteer UNFREL mengawasi pelaksanaan Pemilu 2009 di daerah Jasinga, Kabupaten Bogor, dan selanjutnya pernah menggawangi Voter Education Program di lingkungan mahasiswa secara nasional menghadapi Pemilu 2004.

Wanita yang kini sedang menyelesaikan program doctoral bidang pemerintaha ini memulai karir profesional di bidang politik dan demokrasi di NGO Demos (yang bergerak di bidang HAM dan demokrasi) dengan jabatan sebagai sekretaris peneliti. Beberapa kancah dan event forum demokratisasi dunia juga dihadiri oleh Betty guna menambah nasionalisme dan wawasan Pemilu serta Demokrasi. Beberapa kongres atau program internasional yang diikuti antara lain pernah menjadi Participant Indonesia-Singapore Young Leaders Scenario Planning Workshop, February 2020; Observer di Philipina’s Nasional and Local Election (May 2016) serta di Srilankan Presidential Election (January 2015), menjadi peserta di FLP (Fellowship of Legislative Program) oleh ACYPL (American Council for Young Political Leader) and US Department of State di tahun 2010.

Banyak penghargaan telah diraih oleh Betty sepanjang karirnya hingga sekarang menjabat sebagai Ketua KPU DKI Periode 2018 – 2023. Sebuah posisi yang sangat sedikit diduduki oleh perempuan. Sampai sekarang minat Betty terhadap proses pemilu dan demokrasi tidak pernah surut. Dia berharap bahwa kontibusinya terhadap proses demokratisasi melalui pintu demokrasi yang disebut Pemilu, akan turut memperkaya khazanah perbaikan teknis perbaikan di masa yang akan datang, untuk Indonesia yang lebih baik.

Sementara itu, kesepuluh calon anggota Bawaslu yang diajukan oleh tim seleksi terdiri atas tujuh orang laki-laki dan tiga orang perempuan. Mereka adalah Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair dan Totok Hariyono.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *