BOGOR, CEKLISSATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) meraih penghargaan sebagai "Pemerintah Daerah Kabupaten Berkinerja Terbaik di Provinsi Jawa Barat" dengan kategori A atau "Memuaskan".  

Hal tersebut atas penyelenggaran kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), hasil pengawasan kearsipan tahun 2023.

 Asisten Administrasi Kabupaten Bogor, Ade Jaya Munadi mengungkapkan, alhamdulillah Pemkab Bogor tahun ini mendapatkan penghargaan Hasil Pengawasan Kearsipan terbaik di Provinsi Jawa Barat dengan Kategori A (Memuaskan).

“Tentunya ini merupakan hasil yang kerja keras dari jajaran Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, dan tentunya atas dukungan dari seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Bogor yang perlu diapresiasi,” kata Ade Jaya.

Ade menjelaskan, untuk mendapatkan penghargaan tersebut ada beberapa aspek penilaian dari penyelenggaraan arsip seperti aspek kebijakan, aspek pengelolaan arsip dinamis, pengelolaan arsip inaktif, pengelolaan arsip statis, sarana prasarana, serta SDMK.

“Sejatinya nilai ini bukan hanya penilaian terhadap Dinas Arsip dan Perpustakaan saja, tetapi 60% dari Penilaian Audit Sistem Kearsipan Eksternal (ASKE) dan 40% Audit Sistem Kearsipan Internal (ASKI). Dimana ASKI merupakan penilaian kinerja kearsipan seluruh perangkat daerah di Kabupaten Bogor,” jelas Ade.

Ade berharap, kedepan seluruh perangkat daerah dapat segera menerapkan SRIKANDI dalam mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Yang juga merupakan salah satu komponen penilaian Tingkat Digitalisasi Arsip agar lebih tertib dalam pengelolaan arsip.