Belasan Kali Menolak Vaksin, Seorang Kakek Datangi Tempat Vaksin

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Salah seorang warga Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, akhirnya mau dilakukan vaksinasi setelah sebelumnya belasan kali menolak untuk diberi vaksin covid19. Pria berusia 65 tahun tersebut akhirnya mendatangi lokasi vaksinasi massal di Kantor Kelurahan.

Pengurus RT setempat mengaku kesulitan meminta kakek Hadi untuk divaksin lantaran menurut pengakuan sang kakek, banyak informasi beredar yang ia terima tentang vaksin covid yang tidak baik.

Bacaan Lainnya

Pada awal adanya vaksin, kata pengurus RT, pihaknya sudah mulai melakukan imbauan kepada warga.

“Ketika ada giliran usia lanjut mulai kami mengajak warga, termasuk bapak ini yang telah puluhan kali diminta vaksin tetap ga mau pada awalnya,” kata Tedi salah satu pengurus RT di wilayah Babakan Pasar.

Informasi hoax melaui mulut ke mulut serta informasi media sosial yang beredar di masyarakat diduga kuat menjadi salah satu penyebab masyarakat enggan untuk divaksin.

Lurah Babakan Pasar Citra Widya Lestari menuturkan, pada kasus kakek Hadi tersebut kemungkinan karena yang bersangkutan memegang samrtphone. Menurut pengakuan tetangga maupun kerabat korban, sang kakek sering mendengar atau melihat informasi hoax tentang covid.

“Tidak adanya informasi pembanding atau mungkin tidak tahu caranya mengkroscek mungkin si kakek mudah percaya. Kami mengedukasi berbulan bulan agar bisa diterima,” kata Citra.

Vaksin jenis sinovac telah diberikan hingga dosis ke dua untuk kakek Hadi, kini warga termasuk sang kakek tidak terlalu khawatir meskipun tinggal pada kawasan padat penduduk di wilayah Babakan Pasar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *