Bebas Murni, ABB Direncanakan Keluar Lapas Pekan Ini

Suasana di Lapas Gunungsindur jelang Abu Bakar Ba'asyir bebas

BOGOR, Ceklissatu com – Direncanakan, jelang bebas murni, Abu Bakar Ba’asyir (ABB) dari Lapas Kelas IIA Gunung Sindur, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor pada Jumat pekan ini (08/01/20).Pihak Lapas sudah mempersiapkan segala halnya baik itu Koordinasi dengan TNI-POLRI dan BNPT termasuk dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bogor.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Polres Bogor dan Pihak TNI serta BNPT dan juga Gugus Tugas Covid-19, terkait bebasnya ABB pada Hari Jumat Tanggal 8 Januari 20201,”kata Kalapas Kelas IIA Gunung Sindur, Mujiarto kepada wartawan, Rabu (06/01/21).

Bacaan Lainnya

Jelas Mujiarto meski sudah dipastikan bebas murni, namun Mujiarto belum dapat memastikan secara detail terkait waktu pembebasannya. Menurut Mujiarto, pihaknya harus berkoordinasi dengan aparat terkait lainnya.

“Untuk jam kerja Lapas Gunungsindur dari jam 08.00 WIB sampai 17.00 WIB, untuk tepatnya di antara itu, karena kita akan berkoordinasi dengan pihak lainnya seperti Densus, BNPT, dan pimpinan kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mujiarto menegaskan, bahwa penjemputan Abu Bakar Baasyir hanya diwakili pihak keluarga dan tim pengacara

“Untuk pembebasannya, untuk penjemput dari pihak keluarga atau tim pengacara untuk melengkapi syarat seperti rapid test antigen,” bebernya.

Mujiarto juga mengatakan, untuk Pengamanan tentu akan diperketat dan ekstra, mengingat ABB sendiri merupakan terpidana teroris.

“Tentu kalau terpidana teroris pengaman itu ada peningkatan ekstra,”ujarnya.

Sementara itu, Mujiarto membeberkan bahwa Abu Bakar Baasyir bebas murni setelah menjalani hukuman sebanyak 15 tahun dan mendapatkan 56 remisi.

“Kalau total pidana keseluruhan Abu Bakar Baasyir itu 15 tahun. Itu dimulai dari Lapas Pasir Putih, kemudian di Lapas Gunungsindur sejak 2016. Jadi total remisi sejumlah 56 bulan yang terdiri dari banyak remisi. Remisi umum, 17 Agustus, Idul Fitri, Dasawarsa ada remisi hakim berkepanjangan,” tegasnya.

 

 

Editor : Daus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *