Banyak Pengangguran, Pemkab Bogor Atasi Dengan SamiSade

  • Whatsapp
Bupati Bogor Ade Yasin

BOGOR, Ceklissatu.com – Tingginya angka pengangguran terbuka di Kabupaten Bogor, membuat Bupati Bogor, Ade Yasin putar otak.

Saat disinggung hal tersebut, Ade Yasin mengatakan jika Pemerintah Kabupaten Bogor memiliki tekad untuk menekan angka pengangguran yang kini mencapai 14,2 persen dari jumlah penduduk.

Bacaan Lainnya

“Pasti meningkat, karena dampak dari pandemi ini. Tapi kita juga akan mengupayakan mengurangi angka pengangguran ini dengan program,” kata Ade Yasin, Jumat (30/7/21).

Salah satu program yang dia yakini akan mampu menyerap tenaga kerja adalah program Satu Miliar Satu Desa (SamiSade).

Dengan konsep padat karya, Ade Yasin mengklaim jika nantinya program SamiSade akan melibatkan masyarakat yang tidak bekerja atau penganggur yang terdampak Pandemi Covid-19 dalam mengerjakan infrastruktur di pedesaan.

“Kita menyalurkan Samisade senilai Rp318,5 miliar untuk 356 desa. Program bantuan keuangan ini dipakai untuk menstimulus pembangunan infrastruktur desa dan membantu masyarakat desa setempat,” kata dia.

Selain SamiSade, untuk menurunkan pengangguran Pemkab Bogor pun akan menekan itu melalui Desa Wisata.

“Untuk menurunkan pengangguran, khususnya di desa, kita prioritaskan program Desa Wisata, agar masyarakat setempat bisa bekerja,” jelas Ade Yasin.

Sebelumnya diketahui, angka pengangguran terbuka tahun 2020 di Kabupaten Bogor mencapai 14,2 persen. Jumlah tersebut meningkat tajam dibanding tahun 2019 dengan 9,06 persen.

“Sempat mengalami penurunan sebetulnya. Karena pada tahun 2018 angka pengangguran di angka 9,75 persen turun menjadi 9,06 persen ditahun 2019, lalu naik lagi ditahun 2020 dengan 14,29 persen,” ungkap Koordinator Fungsi Statistik Sosial Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor, Ujang Jaelani.

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *