Bantuan Obat Penyemprot Hama Minim, Petani di Cukuh Balak Protes

  • Whatsapp
Penyuluhan Pekon Kaca Marga Kecamatan Cukuh Balak

BOGOR, Ceklissatu.com – Petani di Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, mengeluhkan minimnya bantuan obat penyemprot hama yang didapat dari pemerintah daerah setempat.

Para petani di sana merasa bantuan yang diterimanya tidak cukup digunakan untuk garapan sawah-sawahnya.

Bacaan Lainnya

Salah satu petani dari Kelompok Tani Tanjung Betuah, Aripin mengatakan, dirinya hanya mendapat lima liter obat penyemprot hama.

Padahal, kata dia, terdapat ratusan hektar sawah yang ada di wilayahnya. Alhasil, bantuan yang didapatnya itu hanya cukup digunakan untuk dua hektar saja.

“Hanya kebagian lima liter dari ratusan hektar yang ada di Tanjung Betuah. Itu hanya cukup digunakan untuk dua hektar saja yang bisa di semprot,” katanya, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga : DPRD Tanggamus Lampung Akan Perjuangkan Hak Petani yang Diserang Hama

Baca Juga : Hama Serang Tanaman Padi, Petani Gagal Panen

Kondisi serupa juga dirasakan oleh Kelompok Tani Pekodoh. Petani yang tergabung dalan kelompok itu hanya kebagian tiga botol obat penyemprot hama. Itu pun mereka dapat dengan cara memaksa.

Penyuluhan Pekon Kaca Marga Kecamatan Cukuh Balak

Selain itu, informasi lain menyebut jika bantuan dari pemerintah daerah melalui kecamatan tidak sampai ke petani di Cukuh Balak.

“Petani berharap agar bantuan ditambah agar semua yang menggarap sawah terbagi,” ungkap salah satu petani di sana.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tenggamus, Lampung, akan memperjuangkan hak petani padi yang diperkirakan gagal panen karena di serang hama mematikan. Apalagi, petani telah mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk pertumbuhan padi tersebut.

“Kami akan berjuang di Pemerintah Daerah (Pemda) Tanggamus untuk segera mendapatkan bantuan mengatasi hama tetsebut,” ungkap Aplah Haza, salah satu anggota DPRD dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Ia mengatakan, keprihatinan petani padi yang gagal panen, merupakan tanggung Jawab Pemda Tanggamus untuk membantu para petani.

Hal senada diungkapkan, Ahmad Farid salah satu DPRD dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengatakan, wakil rakyat dari fraksi PPP Tanggamus akan memperjuangkan hak petani padi untuk mendapatkan bantuan dari Pemda.

Penulis: Zarkasi

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *