Bantu Warga Terdampak Pandemi, Pemkot Bogor Terima 300 Paket Sembako

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Kota Bogor, Jawa Barat, terus mendapat bantuan dari berbagai pihak yang diprioritaskan bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19, terutama di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

Tercatat hingga saat ini jumlah bantuan yang telah diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mencapai 17.200 yang terdiri dari paket sembako.

Bacaan Lainnya

Paket bantuan tersebut disimpan di Gudang Logistik, Gedung Wanita, di Jalan Sudirman, Kota Bogor, dan siap disalurkan kepada warga yang membutuhkan.

Salah satu pihak yang turut andil menyumbang bantuan kepada Pemkot Bogor untuk kebutuhan logistik warga terdampak adalah Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK).

Sebanyak 300 paket bahan pangan pokok disalurkan oleh Dana Kemanusiaan Kompas yang diterima langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Jumat (6/8/2021).

Bantuan yang berasal dari donasi pembaca setia Kompas tersebut diharapkan dapat meringankan beban warga akibat dampak pandemi Covid-19.

“Bantuan-bantuan ini kita khususkan kepada warga yang sedang isolasi mandiri (isoman) dan juga tidak bekerja. Dua kategori ini yang menjadi perhatian kita,” kata Bima.

Bima menilai, meski dana anggaran dari pusat (APBN) dan daerah (APBD) telah dialokasikan khusus untuk penanganan Covid-19, namun hal itu rupanya belum dapat menjangkau seluruh kebutuhan warga yang terdampak.

Sebab itu, sambung Bima, di masa yang sulit ini dirinya mengajak kepada semua masyarakat yang masih mampu untuk menyisihkan sebagian penghasilannya.

“Saya melihat sendiri warung-warung sepi, dagangan tidak laku, karyawan dirumahkan, buruh tidak bekerja. Jadi keikhlasan berbagai dari warga yang mampu sangat dibutuhkan dan berarti,” ucap Bima.

“Selama satu bulan terakhir ini bantuan terus mengalir. Inilah modal sosial luar biasa yang dimiliki Kota Bogor dan Indonesia,” tambahnya.

Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Tomy Trinugroho mengatakan, paket-paket sembako yang berisi tepung, beras, minyak goreng, sarden, dan lain sebagainya itu akan disalurkan ke sebelas kelurahan yang ada di Kota Bogor.

Tomy mengungkapkan, selain Kota Bogor, program Dana Kemanusiaan Kompas ini juga menyasar kota-kota lainnya di Indonesia seperti Surabaya, Bandung, Aceh, termasuk Jakarta.

“Kami paham, PPKM ini membuat sebagian masyarakat sangat berat dan terpukul secara ekonomi. Jadi bantuan ini hanya sebagian kecil,” ungkap Tomy.

“Bantuan ini dari pembaca Harian Kompas. Jadi donasi yang diberikan kepada Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas dan tugas kami untuk menyalurkan secara tepat sasaran,” pungkasnya.

Editor: Ramdhan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *