Asyik Ngeganja di Depan Masjid, WNA Afganistan Diciduk Polisi

  • Whatsapp
Tersangka penyalahgunaan narkotika digiring polisi saat rilis di Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (25/8/2021). Satuan Narkoba Polres Bogor mengamankan 16 orang tersangka pengedar dan pengguna narkotika dari 10 kasus dengan barang bukti 505, 67 gram ganja, 11 gram sabu, 1.443 gram biang sintetis dan 5.960 butir obat-obatan terlarang. Ceklissatu.com/Dwi Susanto

BOGOR, Ceklissatu.com – Jajaran Polres Bogor, mengamankan seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Afganistan dalam penangkapan 16 pengedar dan pengguna narkoba berbagai jenis, di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor, AKBP Harun mengungkapkan, WNA berinisial AA (30) tersebut ditangkap di depan Masjid Amaliah, Ciawi berikut barang bukti berupa 18.31 gram ganja, pada bulan lalu.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya AA juga sempat kami amankan pada tahun 2020. Tapi saat diperiksa ketika itu, dia tidak terbukti bersalah,” kata Harun, Rabu (25/8/21).

Dari pengakuan tersangka, Harun menyebut jika AA menggunakan narkoba tersebut sudah dua tahun terakhir.

“Dia mendapatkan suplai narkoba dari WH yang saat ini masih dalam pengejaran,” ungkapnya.

Harun masih terus mendalami kasus tersebut. Karena dia menilai tidak menutup kemungkinan ada keterlibatan WNA-WNA lainnya. Meski pun dalam pemeriksaanya, AA mengaku hanya seorang pengguna bukan pengedar.

“Kita dalami kasusnya, karena khawatir ada keterlibatan WNA-WNA yang lainnya. Apalagi AA ini sudah menggunakan ganja ini sejak dua tahun terakhir waktunya cukup lama,” paparnya.
AA disangkakan pasal 114 ayat 2 atau pasal 112 ayat 2 UU nomor 35 tentang narkotika dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun dan maksimal 20 tahun dan denda minimal Rp1 miliar.

Harun memastikan memberlakukan sanksi yang sama kepada AA meski warga asing. Dia pun akan berkoordinasi dengan pihak kedutaan dan UNHCR organisasi yang menaungi WNA asal Afganistan tersebut.

“Untuk WNA ini hukumannya tetap sama, hukum negara kita ini siapa pun yang melakukan tindak pidana di Indonesia dan kita tindak dengan hukuman di indonesia,” tegasnya.

Sementara, Kasat Narkoba Polres Bogor AKP Eka Candra menambahkan, pihaknya saat ini tengah memburu WH yang merupakan pemasok barang haram tersebut kepada AA.

“Kami masih terus dalami kasus ini. Jika WH kami tangkap, maka semuanya terungkap. WNA mana saja yang terlibat,” jelas Eka.

Editor : Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *