APBD Kabupaten Bogor Minim Untuk Penanganan Covid-19

  • Whatsapp
APBD Kabupaten Bogor Minim Untuk Penanganan Covid-19

BOGOR, Ceklissatu.com – Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor tahun 2021, minim alokasi untuk penanganan pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari laporan rancangan anggaran yang disampaikan Pemkab Bogor kepada DPRD, dalam rapat paripurna, Senin (30/11/20).

Pada Rancangan APBD, Pemkab Bogor menargetkan belanja daerah sebesar Rp7,6 triliun. Dari anggaran sebesar itu, pemkab mengalokasikan belanja operasi dan modal sebesar Rp6,2 triliun, belanja tidak terduga (BTT) sebesar Rp28 miliar dan belanja transfer sebesar Rp1,2 triliun yang terdiri dari belanja bagi hasil sebesar Rp157 miliar dan belanja bantuan keuangan sebesar Rp1,13 triliun.

Bacaan Lainnya

Namun Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengklaim jika rancangan anggaran Kabupaten Bogor tidak terlalu berbeda dengan tahun ini.

“Fokus pada penanganan Covid-19 condong kami dorong. Misalnya soal kesehatan juga pemulihan ekonomi.
Jadi kalau saya lihat postur nya tidak terlalu berbeda,” kata Iwan.

Pemkab Bogor pun nampak gamang akan situasi saat ini. Penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi menjadi salah satu hal yang harus difokuskan. Namun di samping itu pembangunan infrastruktur dinilai menjadi salah satu sektor yang juga harus dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi tersebut.

“Untuk penanganan Covid-19 itu nanti bisa menggunakan BTT yang disediakan sebesar Rp28 miliar. Tapi kalau situasi pandemi nya naik, memungkinkan untuk menggeser anggaran lain ke BTT. Misalnya ke biaya kesehatan dan pemulihan ekonomi. BTT ini untuk jaga-jaga. Maka kita lihat dulu tren (Covid-19) ini,” jelas Iwan.

Pada Rancangan APBD, Pemkab Bogor juga lebih mengedepankan program Satu Miliar Satu Desa atau SamiSade. Program yang menjadi janji kampanye Bupati Ade Yasin dan Wakil Bupati Iwan Setiawan ini telah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kabupaten Bogor.

 

 

Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *