Ambisi Bupati Digitalisasi Program Pembangunan Lewat Sekolah Pemerintahan Desa

  • Whatsapp
Bupati Bogor Ade Yasin

BOGOR, Ceklissatu.com – Bupati Bogor Ade Yasin, berambisi menerapkan digitalisasi di semua wilayah dalam pembangunan desa di Kabupaten Bogor.

Pada era 4.0 ini, Ade Yasin menilai
ketersediaan dan penggunaan berbagai bentuk teknologi informasi dan komunikasi sangat harus dimaksimalkan.

Bacaan Lainnya

Sehingga, pembangunan desa berbasi data yang presisi bisa membantu percepatan pembangunan.

“Salah satu upaya kami untuk memaksimalkan itu adalah membuat program sekolah pemerintahan desa. Kami ingin kepala desa juga pegawainya memahami dengan baik perkembangan zaman ini terutama dalam pengelolaan desa untuk membangun,” kata Ade Yasin, Senin (13/9/21).

Dia mengaku yakin sekolah pemerintahan desa ini bisa menjadi pintu untuk mengarahkan program kerja desa ke arah digitalisasi tersebut.

“Sekolah Pemerintahan Desa akan menjadikan data desa presisi sebagai bahan praktikum. Data presisi dikumpulkan dengan teknologi 4.0, berbentuk data citra desa dengan resolusi tinggi sehingga memiliki tingkat akurasi tinggi untuk menggambarkan potensi desa,” jelasnya.

Pada program sekolah pemerintahan desa ini, Pemkab Bogor menggandeng IPB University.

Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria mengungkapkan,
program yang digagas bersama dengan Pemkab Bogor tersebut adalah upaya mempercepat proses pengembangan desa yang presisi, yang pembangunannya didukung dengan data.

“Jadi menggali desa untuk hal ini menggunakan data numerik, data spasial. Ada beberapa indikator data yang digunakan, salah satunya data stunting di desa,” jelasnya.

Ketika data tersebut telah didapatkan, kondisi setiap desa akan menjadi pertimbangan bahkan prioritas Pemkab Bogor dalam memberikan bantuan.

“Kita juga sudah MoU dengan Kemensos dan Mendagri, memanfaatkan data ini untuk kepentingan pemerintahan dan juga bansos,” tandas Arif.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *