JAKARTA, CEKLISSATU - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Rawamangun menyerahkan santunan manfaat program Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT)  senilai Rp42.428.977  kepada ahli waris almarhumah Fatimah anggota Koperasi Pekerja Bongkar Muat Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur.

“Kami turut berduka cita atas musibah yang menimpa almarhumah, semoga santunan klaim dari program BPJS Ketenagakerjaan dapat meringankan keluarga yang ditinggalkan oleh almarhumah,” ungkap Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Rawamangun, Deni Suwardani di tempat terpisah.

Klaim santunan JKM secara simbolis diterima langsung oleh Ihrom selaku ahli waris almarhumah Fatimah. Almarhumah Fatimah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dari dengan tiga program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT) dari anggota koperasi pekerja bongkar muat pasar induk cipinang , Jakarta Timur.

Deni mengapresiasi pengurus koperasi pekerja bongkar muat pasar induk Cipinang yang peduli melindungi anggotanya dengan mendaftarkan menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan. Menurut Deni, setiap pekerja berhak untuk menjadi peserta dan mendapat manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi Fatimah adalah pedagang di pasar induk Cipinang tersebut.

Termasuk jika terjadi risiko kecelakaan kerja, program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), BPJS Ketenagakerjaan akan menjamin pemulihan sampai sembuh, tanpa batas biaya sesuai kebutuhan medis, ungkap Deni.

Deni mengungkapkan manfaat yang sangat besar itu cukup didapatkan dengan nilai iuran yang relative murah. Hanya dengan Rp36.800 perbulan, yang merupakan dasar asumsi upah peserta Rp 1 juta dengan 3 program perlindungan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT).

“Kami terus melakukan sosialisasi program kepesertaan BPU (Bukan Penerima Upah) ini agar dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh pekerja informal seperti pedagang, marbot masjid, UMKM, tukang parkir, anggota komunitas-komunitas hobi, komunitas olahraga dan sebagainya,” kata Deni.

Sementara itu Ihrom, selaku ahli waris almarhumah mengucapkan banyak terima kasih kepada Koperasi Pekerja Bongkar Muat Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur yang sudah memberikan perlindungan dan santunan kepada almarhumah melalui ahli waris dan mengapresiasi pelayanan yang telah diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Rawamangun.

“Kami setuju jika program BPJS Ketenagakerjaan ini perlu disebarluaskan kepada masyarakat luas. Karena kami sudah merasakan sendiri manfaatnya yang sangat membantu,” kata Ihrom.