5 Penyebab mesin mobil muncul suara aneh, sumber masalahnya dari sini

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Mesin mobil mengeluarkan suara bunyi aneh sering terjadi dan dirasakan pemilik mobil, kebingungan tentu menjadi ketakutan untuk menggunakan mobil karena khawatir mogok di jalan.

Sumber bunyi dengan suara aneh sendiri sering muncul dari kompartemen mesin, yang bisa terdengar hingga keluar bahkan sampai dalam kabin.

Bacaan Lainnya

Untuk mengetahui sumber bunyi tentu dibutuhkan kemampuan dan keahlian menganalisa perangkat mana yang mengalami kerusakan hingga menyebabkan bunyi menggelitik.

Suara mesin yang tidak normal ini biasanya disebabkn oleh beberapa hal, yang dirangkum redaksi hops.id terhadap penyebab sumber bunyi.

Berikut 5 penyebab mesin muncul suara aneh

1. Celah katup lebar

Perangkat katup dalam mesin bekerja mensuplai udara masuk dan keluar untuk mendukung sistem pembakaran ruang mesin melalui pencampuran bahan baka udara dan pengapian. Pada kerja katup yang terus bergerak saat mesin hidup sering terjadi posisi pala katup renggang.

Apabila ada kerenggangan katup yang tidak sesuai setelan standarnya, mesin akan berbunyi berisik dan nyaring ketika menyentuh rpm tinggi. Ini disebabkan oleh usia penggunaan katup yang lama membuat rocker arm dan camshaft-nya aus. Jika tidak segera diperbaiki, katup bisa patah.

2.Auto klep sudah lemah sumber mesin muncul suara aneh

Kerja katup yang buka tutup secara otomatis mengikuti gerakan perangkat mesin, membuat beberapa perangkat pendukung atau auto katup menjadi lemah. Sama kasusnya dengan celah katup, penyebab masalah ini adalah usia pemakaian. Setelah waktu pemakaian yang cukup lama, gaya pegasnya mulai melemah. Akibatnya celah klep dan rocker arm merenggang sehingga menghasilkan bunyi kletek-kletek.

Sekadar informasi auto klep adalah komponen yang dipasang pada rocker arm dan terhubung langsung dengan bagian klep.

3. Engine knocking

Masalah engine knocking paling sering ditemukan ketika mesin mobil berbunyi tidak wajar. Bunyinya mirip kletek-kletek. Bunyi tersebut bisa terdengar pada beberapa bagian dan kondisi mobil seperti saat rpm rendah atau di area blok silinder. Jika terdengar dengan jelas, kemungkinan besar mesin mengalami engine knocking.

Istilah lain dari engine knocking adalah gejala ngelitik. Penyebabnya adalah kualitas BBM yang kurang baik atau kadar oktan yang tidak sesuai. Akibatnya proses pembakaran menjadi kurang optimal dan suara ngelitik pun muncul.

4. Conrod bearing dan main bearing aus

Conrod bearing berfungsi sebagai penopang setang seher atau connecting rod pada mesin. Sedangkan main bearing fungsinya menopang komponen crankshaft. Jika keduanya aus, maka bunyi nyaring akan terdengar di putaran mesin tinggi.

Apabila tidak segera diperbaiki di bengkel, bisa menyebabkan kerusakan berat pada bagian conrod atau crankshaft mesin.

Kerja katup mesin mobil jadi sumber mesin muncul suara aneh Foto: Autoevolution

5. Silinder kemasukan benda keras

Terakhir adalah masuknya benda padat ke dalam area piston (ruang pembakaran). Contohnya pada saat serpihan keramik dari kepala busi pecah dan jatuh ke ruang silinder. Apabila ada benda padat di dalam ruang pembakaran, maka proses pembakaran akan terganggu. Hasilnya mesin akan bunyi saat digas.

Itulah perangkat mesin yang sering menimbulkan suara bunyi aneh seperti dikutip situs resmi Auto2000 yang perlu diketaui otohopers agar tidak terlalu khawatir. Agar tidak terjadi suatu hal yang menyulitkan, saat timbul bunyi aneh baiknya langsung lakukan pemeriksaan di bengkel terdekat.

Sumber : hops.id

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *