5 Manfaat Kunyit Menurut Ahli Gizi

  • Whatsapp

BOGOR, Ceklissatu.com – Kunyit menjadi salah satu rempah yang kaya akan manfaat, bahkan di Indonesia sering dijadikan bahan baku obat dan jamu. Manfaat kunyit juga telah diakui oleh pusat medis akademik Amerika yang berbasis di Ohio, Cleveland Clinic.

Ahli Gizi dari Cleveland Clinic, Nicole Hopsecger, mengatakan bahwa kurkumin yang terkandung dalam kunyit memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat kunyit menurut Nicole seperti dilansir Times Now News, Minggu (21/11).

1. Mengurangi peradangan
Untuk kondisi kronis di mana peradangan mulai mempengaruhi jaringan tubuh, mengonsumsi kunyit mungkin bermanfaat. Menurut Nicole, satu penelitian terhadap pasien dengan kolitis ulserativa menunjukkan potensi kunyit dalam membantu meringankan kondisi kesehatan yang kronis. Dia menyatakan bagaimana mereka menggunakan 2 gram kurkumin sehari dengan obat resep, lebih mungkin meringankan penyakit daripada mereka yang hanya minum obat saja.

2. Meningkatkan memori
Nicole menambahkan bahwa uji klinis lain menunjukkan bahwa 90 miligram kurkumin yang diminum dua kali sehari selama 18 bulan membantu meningkatkan kinerja memori pada orang dewasa tanpa demensia. Kurkumin juga mungkin memiliki peran dalam mencegah perkembangan penyakit Alzheimer, meski masih membutuhkan lebih banyak penelitian.

3. Pereda nyeri
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak kunyit berpotensi mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Dia juga memperingatkan agar tidak berhenti mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

4. Melawan radikal bebas dan kanker
Kunyit memiliki sifat antioksidan dan satu penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dengan menetralkannya. Sebuah studi dari Departemen Kedokteran University of California San Francisco menunjukkan bahwa kunyit dapat mengurangi stres oksidatif yang berpotensi mengembangkan kanker.
Studi lain menunjukkan bahwa efek antioksidan kunyit juga dapat merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Cleveland Clinic mengutip satu penelitian yang berfokus pada kanker kolorektal dan melaporkan pengurangan 40 persen dari jumlah lesi di usus besar pada pria.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung
Dengan kemampuannya membantu mengurangi peradangan dan oksidasi, kunyit dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Nicole menyatakan bahwa penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu membalikkan proses penyakit jantung. Ini mengacu dari sebuah studi yang diikuti 121 orang yang menjalani operasi bypass arteri koroner. Beberapa hari sebelum dan sesudah operasi, kelompok yang mengonsumsi 4 gram kurkumin sehari mengalami penurunan risiko serangan jantung sebesar 65 persen di rumah sakit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *