4 Kampung di Cianjur Terancam Pergerakan Tanah

  • Whatsapp

CIANJUR,Ceklissatu.com-5 rumah rusak berat dan satu rumah ambruk serta puluhan rumah lainnya terancam akibat terjadi pergerakan tanah di Kampung Subela, Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (12/11/21).

Menurut Pjs Kepala Desa Sukajadi saat ditemui dilokasi, Yudi Supriadi menceritakan peristiwa tersebut terjadi di empat titik di empat kampung yakni kampung Sarongge, Rawa Jawa, Leuwi Gajah dan Kmapung Subela.

Bacaan Lainnya

“Awalnya hujan deras sejak beberapa hari terakhir dan ada pergerakan terjadi di empat titik di empat kampung, setiap hari mengalami penurunan sedalam 1 meter, hingga 1,5 meter. Dan hingga saat ini masih terus bergerak akibat kondisi tanah yang labil dan hujan deras,” ujarnya.

Yudi melanjutkan pihaknya telah berupaya bersama unsur Kecamatan Campaka, TNI dan Polri serta BPBD Cianjur melakukan pengecekan ke lokasi. selain itu warga yang rumahnya terancam pergerakan tanah juga sudah mulai di ungsikan.

” kita sudah berupaya bersama semua unsur baik Kecamatan,TNI dan Polri serta BPBD Cianjur setiap hari melakukan pengecekan kelokasi dan warga yang rumahnya terancam juga sudah kita ungsikan ke rumah kerabatnya yang lebih aman,” tuturnya.

Pergerakan tanah ini lanjut Yudi, terus mengalami pergeseran hingga 1, 5 meter.

Sementara itu, terpisah Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Cianjur, Asep Sudrajat mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Tim Geologi dari BMKG terkait pergerakan tanah yang terjadi di Kecamatan Campaka.

” Kami sudah turunkan personil dilokasi untuk membantu warga yang rumahnya terdampak maupun terancam untuk relokasi selain itu juga hasil kajian dari Tim Geologi BMKG juga kita masih tunggu,” terangnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *