Tanah Bergerak dan Semburan Lumpur Muncul Setelah Diguncang Gempa Pasaman

Tanah Bergerak
Dampak Gempa di Pasaman Barat Foto: Istimewa

PASAMAN, CEKLISSATU – dan semburan lumpur panas terjadi usai gempa magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (25/2/2022).

Beredarnya video meluapnya lumpur panas dari dalam tanah viral di media sosial. Dalami video itu, terlihat lumpur warna menyembur dan terus mengalir. Namun, belum diketahui pasti lokasi semburan lumpur panas tersebut.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur membenarkan bahwa kejadian lumpur panas itu akibat Barat.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen TNI, Suharyanto belum bisa memastikan semburan lumpur panas terjadi di daerah mana. Suharyanto mengaku baru mendapat info terkait tanah bergerak usai gempa.

“Kalau untuk itu saya belum dapat info nanti saya dalami dulu ya,” kata Suharyanto.

Suharyanto mengatakan pihaknya telah menurunkan tim ke lokasi terdampak gempa.

“Saya besok pagi saya berangkat ke sana untuk memastikan langkah-langkah penanganan gempanya bisa berlangsung dengan baik. Lumpur masih kami cek ya,” ujarnya.

Sementara itu, BPBD Sumatera Barat menyatakan 7 orang meninggal dunia akibat gempa ini, 4 orang di Pasaman dan 3 orang lainnya di Pasaman Barat.

85 orang dilaporkan mengalami luka-luka ketika menyelamatkan diri dari gempa magnitudo 6,1 tersebut. Rumah warga juga banyak yang roboh, namun BPBD Sumbar belum bisa memastikan berapa jumlah bangunan yang rusak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.