Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H Pada Minggu 3 April 2022

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

JAKARTA, CEKLISSATU menetapkan bahwa 1 1443 Hijriah jatuh pada Minggu, 3 April 2022. Penetapan ini merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Jumat (1/4).

“Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. Ini hasil sidang isbat yang disepakati bersama,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat memimpin rapat sidang isbat.

Bacaan Lainnya

Yaqut menjelaskan, berdasarkan pantauan hilal di 101 titik tidak ada satupun yang melihat hilal. Karena itu, 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Sementara itu, pakar Astronomi yang juga anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag, Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa secara astronomis, posisi hilal di Indonesia pada saat magrib 1 April 2022 masih berada di bawah kriteria. Sehingga posisi hilal tidak terlihat.

“Posisi hilal terlalu rendah. Hilal yang sangat tipis tidak mungkin mengalahkan cahaya syafak, sehingga kemungkinan tidak terlihat,” kata Thomas.

Adapun Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan 1443 Hijriah jatuuh pada tanggal 2 April 2022. Penetapan awal puasa Ramadhan itu sesuai dengan hasil perhitungan hisab yang dilakukan Muhammadiyah.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.