Ketum PAN Setuju Pemilu 2024 Diundur, Ini Alasannya

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan . /Dok PAN

JAKARTA, CEKLISSATU – Dukungan terhadap diundur bermunculan. Kali ini, datang dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Zulkifli Hasan sepakat apabila Pemilu 2024 diundur, seperti yang diusulkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Bacaan Lainnya

Ada lima alasan ia mendukung agar pemilu dapat diundur, salah satunya pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Ya, publik diramaikan oleh perbincangan usulan mengenai pengunduran jadwal pemilu, dengan berbagai alasan. Yang pertama, alasannya pandemi yang belum berakhir tentu memerlukan perhatian keseriusan untuk menangani,” kata Zulhas saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (25/2).

Alasan kedua, perekonomian di Indonesia belum membaik. Pertumbuhan saat ini rata-rata masih 3-3,5 persen. Di samping itu, situasi masyarakat juga kehilangan pekerjaan maupun usaha-usaha yang belum kembali pulih.

Ketiga, perkembangan terakhir situasi global. Baik ekonomi, juga konflik antara Rusia-Ukraina. “Itu akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian global dan negeri kita,” ujar Zulhas.

Wacana penundaan Pemilu 2024 sekaligus perpanjangan masa jabatan Presiden kembali dihidupkan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, saat audiensi dengan warga, mengaku mendapat aspirasi perpanjangan masa jabatan Presiden.

Sejauh ini, PDIP, yang sebelumnya menolak keras opsi tersebut masih mempertahankan pendapatnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.