Dievakuasi dari Ukraina, 83 WNI Sudah Tiba di Tanah Air

Dievakuasi dari Ukraina, 83 WNI Sudah Tiba di Tanah Air (sindonews/ist)

TANGERANG, CEKELISSATU – Sebanyak 83 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Ukraina tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Kamis 3 Maret 2022, pukul 17.13 WIB. Mereka dijemput menggunakan pesawat Garuda Indonesia 7730.

“Sore ini, Menlu Retno menyambut kedatangan 83 evacuee dari Ukraina, termasuk tiga warga negara asing (WNA) keluarga dari WNI serta empat bayi. Semua dalam keadaan sehat,” kata Kementerian Luar Negeri lewat akun Twitter resminya.

Bacaan Lainnya

Puluhan WNI tersebut dijemput di Rumania setelah sebelumnya dievakuasi dari Ukraina. Dari Bandara Henri Coanda di Bukares, pesawat Garuda Indonesia yang menjemput para WNI sempat melakukan transit di Bandara Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah, Arab Saudi.

Kemudian pesawat melanjutkan perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta. Ke-83 WNI tersebut akan melakukan tes kesehatan dan pemeriksaan keimigrasian di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, dalam penerbangan tersebut juga ikut turut serta beberapa warga negara Ukraina yang merupakan keluarga dari hasil pernikahan campuran dengan warga negara Indonesia. Adapun rincian penumpang yang datang terdiri dari 12 pria, 50 wanita, 17 anak, dan 4 orang ekspatriat.

Seperti diketahui, pada 24 Februari lalu, Rusia mulai melancarkan invasi ke Ukraina. Peristiwa ini merupakan serangan terbesar di Eropa sejak perang dunia II. Akibat serangan, beberapa negara memindahkan kedutaan besarnya dari Kiev. Tak sedikit pula negara yang mengimbau dan memerintahkan warganya untuk meninggalkan Ukraina karena potensi pecahnya pertempuran.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.