Militer Turki Temukan Ranjau Milik Ukraina di Lepas Pantai Igneada

Ilustrasi Operasi netralisasi ranjau laut Foto: AFP

ISTANBUL, CEKLISSATU – Tim penyelam militer Turki mengamankan ranjau laut yang terdeteksi di lepas pantai Distrik Igneada Utara. Lokasinya berada di dekat perbatasan negara itu dengan Bulgaria.

Kementerian Pertahanan Turki pada Senin 28 Maret 2022 menyatakan tim yang dikerahkan ke daerah tersebut telah mulai menjinakkan ranjau itu.

Rusia sebelumnya telah memperingatkan beberapa ranjau hanyut dari sejumlah pelabuhan di Ukraina semenjak pertempuran antara dua negara bekas Uni Soviet itu.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan, Ukraina sengaja memasang ranjau terhadap akses menuju sejumlah pelabuhannya di Laut Hitam.

Pada Minggu 20 Maret, FSB mengungkapkan Angkatan Laut Ukraina memasang sekitar 420 ranjau di dekat Pelabuhan Odessa, Ochakov, Chernomorsk, dan Yuzhne sejak dimulainya operasi militer Rusia di Ukraina.

Menurut badan tersebut, tidak menutup kemungkinan ranjau-ranjau itu hanyut ke Selat Bosphorus dan lebih jauh hingga ke perairan Mediterania karena arus laut.

Pihak berwenang Turki pada Sabtu lalu juga memperingatkan kapal-kapal untuk menjauh ketika tim penyelam memeriksa keberadaan ranjau-ranjau lainnya di wilayah tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.