Infrastruktur Hancur, Ukraina Alami Kerugian 564,9 Miliar Dolar AS Akibat Perang

Ilustrasi. Rusia meluncurkan serangan udara ke dekat pangkalan militer di Kota Lviv. (Tangkapan Layar Instagram/@uafukraine)

KYIV, CEKLISSATU – Pemerintah mengaku telah mengalami kerugian sebesar 564,9 miliar atau lebih dari Rp8.109 triliun.

Kerugian itu mencakup kerusakan , kehilangan pertumbuhan ekonomi, dan berbagai faktor lainnya.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Ekonomi Ukraina, Yulia Svyrydenko pada Senin 28 Maret 2022. Dalam sebuah unggahan daring, dia menyatakan pertempuran di negaranya telah merusak atau menghancurkan 8.000 km jalan dan 10 juta meter persegi perumahan.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengerahkan pasukannya untuk menyerang Ukraina sejak 24 Februari lalu. Dia menyebut serangan ke negara tetangga itu sebagai operasi militer khusus untuk mendemiliterisasi dan “mendenazifikasi” Ukraina.

Operasi militer itu dilakukan Putin setelah Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) meminta bantuan Moskow untuk mempertahankan diri melawan pasukan Kiev. DPR dan LPR adalah dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina.

Pasukan Ukraina terus melakukan perlawanan keras terhadap tentara negeri beruang merah. Sementara itu, Barat telah memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Rusia dalam upaya untuk memaksa Moskow menarik pasukannya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.