Diduga Berkhianat, Negosiator Ukraina Tewas Dibunuh

Denis Kireev, negosiator Ukraina yang diduga dibunuh oleh pemerintah atas tuduhan pengkhianatan. Foto : Republic

KIEV, CEKLISSATU – Dinas Keamanan Ukraina (SBU), lembaga negara yang bertugas di kontra-intelejen dan kontra-terorisme dilaporkan membunuh Denis Kireev, salah satu anggota delegasi Ukraina yang ikut ke Gomel, Belarusia, untuk berunding dengan Rusia.

Kireev dilaporkan ditembak mati ketika melawan saat hendak ditangkap SBU. Belum diketahui tanggal kematian delegasi Ukraina tersebut.

Dilansir The Kyiv Independent pada Sabtu 5 Maret 2022, intelijen Ukraina mencurigainya telah membocorkan informasi terkait proses negosiasi ke pihak Rusia.

“SBU membunuh seorang anggota tim negosiasi Ukraina yang dicurigai melakukan pengkhianatan. Menurut sumber Ukrainska Pravda, pria itu tewas dalam upaya penangkapan. Bukti kuat bahwa dia membocorkan informasi ke Rusia, ” The Kyiv Independent melaporkan.

Denis Kireev hadir selama putaran pertama pembicaraan Rusia-Ukraina di Belarus di mana dia terakhir difoto. Pernyataan resmi dari pihak Ukraina masih ditunggu.

Apabila terbukti benar, bisa berdampak signifikan dan mengirim pesan kuat di tengah proses negosiasi.

Namun kabar kematian Kireev juga dilaporkan oleh kantor berita Rusia, RIA Novosti. Melalui kanal Telegram-nya, RIA mengaku mendapatkan informasi dari salah satu deputi Rada (parlemen) Ukraina.

Sejauh ini, perundingan Rusia-Ukraina sendiri telah berlangsung dua kali. Perundingan kedua digelar pada Kamis lalu di dekat perbatasan Belarusia-Polandia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.