Covid Melonjak Lagi, Kelompok Rentan di Hong Kong Harus Vaksin Dosis Keempat

Ilustrasi Foto: Istimewa

, CEKLISSATU – Pihak berwenang Hong Kong telah merekomendasikan agar warganya yang termasuk terhadap penyakit serius untuk menerima -19 dosis keempat. Rekomendasi ini datang setelah kasus Covid-19 di Hong Kong kembali melonjak.

Dilansir dari Caixin Global, Senin, individu berusia 12 tahun atau lebih dengan sistem kekebalan yang lemah dianjurkan untuk menerima dosis tambahan tiga bulan setelah vaksin ketiga. Pemerintah mengumumkan anjuran tersebut pada Jumat.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan khusus tanggal 25 Februari lalu, para ahli dari Centre for Health Protection telah mencatat bahwa dosis tambahan untuk pasien dengan gangguan kekebalan sangat disarankan untuk perlindungan yang lebih optimal.

Hong Kong telah berjuang untuk menjinakkan gelombang kelima wabah Covid-19, dengan jumlah kasus harian mencapai 56.827 pada Kamis. Lonjakan kasus yang sebagian besar disebabkan oleh varian omicron, telah mendorong pemerintah untuk memperluas testing dan mengesampingkan lockdown.

Hong Kong telah mencatat lebih dari 1.300 kematian terkait Covid di rumah sakit umum sejak akhir Desember, sebagian besar didominasi orang tua dan pasien dengan penyakit kronis. Pada Jumat, Hong Kong mencatat 136 kematian baru, 131 di antaranya adalah orang berusia di atas 65 tahun, dengan otoritas kesehatan mengatakan bahwa lebih dari 90 persen dari mereka yang meninggal dalam gelombang ini belum menerima dua dosis vaksin.

Tingkat vaksinasi Hong Kong telah tertinggal dari beberapa wilayah lain dengan hanya 69,5 persen yang diinokulasi penuh, dibandingkan dengan 87,4 persen di Cina dan 79,8 persen di Australia, menurut Our World in Data.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.