4 Pesawat Tempur SU-27 dan Drone Ukraina Ditembak Jatuh

Ilustrasi 4 Pesawat Tempur SU-27 dan Drone Ukraina Ditembak Jatuh (ist)

DONBASS, CEKLISSATU – Empat jet tempur Su-27 Ukraina, satu helikopter Mil Mi-8, dan satu drone Bayraktar TB-2 buatan Turki ditembak jatuh di daerah sekitar Zhytomir pada Sabtu 05 Maret 2022.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengumumkan kabar itu di tengah pertempuran yang masih berlanjut di Ukraina.

Bacaan Lainnya

Rusia melancarkan operasi militer khusus di Ukraina pada 24 Februari 2022, karena Kiev gagal mengimplementasikan perjanjian Minsk dan ancaman menarik diri dari Memorandum Budapest.

Angkatan Bersenjata Rusia menghancurkan sebagian besar lapangan udara militer, altileri, dan pesawat militer Ukraina selama hari pertama operasi.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan empat jet tempur itu jatuh dalam pertempuran udara. Sedangkan pertahanan udara di darat menjatuhkan helikopter Mi-8, drone Bayraktar, serta satu jet tempur Su-25.

“Angkatan Bersenjata Rusia juga menghancurkan lima radar Ukraina dan dua sistem pertahanan udara Buk M-1,” papar Konashenkov.

Sebagian besar Angkatan Udara Ukraina dihancurkan selama operasi khusus Rusia, yang diluncurkan pada 24 Februari oleh Presiden Vladimir Putin.

“Sebanyak 69 jet tempur hancur di darat dalam serangan udara di lapangan udara militer,” ungkap pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Selain itu, 21 jet tempur lainnya ditembak jatuh di udara. Kemudian militer Rusia telah menembak jatuh 59 drone Ukraina, menghancurkan 748 tank dan kendaraan lapis baja lainnya,

“76 sistem peluncuran roket ganda, dan 274 unit artileri sejak awal operasi,” ungkap Konashenkov.

Presiden Vladimir Putin sebelumnya mengatakan bahwa tujuan dari operasi tersebut adalah demiliterisasi Ukraina melalui penghapusan senjata yang membahayakan Rusia dan memastikan netralitasnya, serta de-Nazifikasi negara tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.