Ramadan Tiba, Petani di Cianjur Panen Timun Suri

Ramadan Tiba, Petani di Cianjur Panen Timun Suri Foto: Chaeronysah | Ceklissatu.com

, CEKLISSATU – Menjelang Bulan 1443 di Kampung Pasir Baskom, Desa Karya Bakti, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat bakal panen buah .

Meski harga buah timun suri saat ini sedang anjlok, namun para petani yakin saat bulan Ramadan tiba harga buah timun suri naik hingga Rp 3 ribu per kilogram seperti tahun-tahun sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Rustandi (45) salah seorang petani buah timun suri mengatakan berbeda di tahun sebelumnya bisa menanam buah timun suri tahun ini hanya bisa menanam di lahan kurang dari satu hektar.

“Kalau tahun ini cuma bisa tanam 1500 meter, beda tahun kemarin bisa satu hektar, tapi Alhamdulillah sekarang sudah tiga kali panen sekitar empat kuintal,” akuinya, Minggu 27 Maret 2022.

Rustandi melanjutkan, meski panen buah timun suri sudah tiga kali, tetapi saat ini harga anjlok yakni Rp.1000 per kilogram. Namun semangat para petani, kata Rustandi tetap terlihat karena para petani yakin di bulan Ramadan permintaan buah timun suri meningkat dan harga naik hingga Rp 4 ribu per kilogram.

“Kalau sekarang masih anjlok harganya perkilonya Rp.1000 tapi para petani buah timun suri tapi tiga kali panen sudah balik modal tetap semangat karena permintaan buah Timun Suri di bulan Ramadhan meningkat pak dan harga juga naik bisa sampai Rp 4 ribu perkilogram,” ujarnya.

Ia menambahkan, ia mengaku sangat senang karena dengan menanam buah timun suri ini dirinya dan petani lainnya mempunyai penghasilan tambahan untuk persiapan bulan Ramadan dan Lebaran nanti.

“Alhamdulillah pak kita bisa punya penghasilan lebih dari hasil buah timun suri, tabungan juga buat puasa dan lebaran nanti,” tuturnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.