Jadi Khatib Sholat Jumat, Atang : Syukur dan Sabar Perisai di Tengah Pandemi

Atang Trisnanto Ketua DPRD Kota Bogor (Dok. diskominfo DPRD)

BOGOR, CEKLISSATU– Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Trisnanto menyatakan, syukur dan sabar menjadi perisai seorang muslim, termasuk dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Begitu banyak karunia dan nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Apakah dengan nikmat tersebut menjadikan kita hamba yang bersyukur dan menjadi hamba yang bertaqwa. Ataukah justru nikmat tersebut malah menjadikan kita lupa pada Sang Maha Kuasa. Naudzubillah, semoga kita semakin bertaqwa dengan banyaknya karunia tersebut”, kata Atang, saat menjadi di Masjid An-Naba PWI Kota Bogor, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jumat (21/01/2022).

Bacaan Lainnya

Kandidat Doktor IPB ini selanjutnya menukil surat An-Nahl ayat 18, yang berbunyi ‘Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang’.

Ia lantas menggambarkan betapa berharganya oksigen yang disiapkan untuk seluruh makhluk di dunia.
“Saat pandemi gelombang kedua kemarin, kita baru merasakan betapa mahal dan berharganya oksigen bagi kehidupan kita. Ini baru oksigen. Masih banyak lagi karunia lain yang tak bisa dihitung jumlahnya. Sungguh, tiada mampu kita menghitung besarnya karunia Allah kepada kita”, jelasnya.

Lebih lanjut, Atang juga menyampaikan bahwa selain nikmat yang diberikan oleh Allah SWT, ada pula ujian yang diberikan oleh-Nya. Saat ini, menurut Atang keberadaan Covid-19 adalah salah satu ujian yang diberikan oleh Allah SWT. “Bagi seorang muslim, masalah dan ujian ataupun cobaan adalah sebuah wasilah (sarana) untuk ingat dan lebih dekat kepada Allah. Tidak ada seorangpun yang tak ada masalah. Dan dengan masalah, Allah mengasihi kita agar tidak lupa diri dan terus ingat akan kebesaran Sang Maha Kuasa”, imbuh Atang.

Sehingga, ia meminta kepada jemaah Masjid An-Naba agar senantiasa bersyukur dan bersabar dalam menghadapi ujian dari Allah SWT. Tidak ada ujian yang diluar batas kemampuan hambanya. Sebagaimana dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 286 yang berbunyi ‘Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya’.

“Hari ini kita menghadapi pandemi Covid-19 yang sudah dua tahun berlalu dan setelah kondisi membaik rupanya masih ada varian baru omicron yang dalam beberapa hari terakhir mulai naik jumlahnya. Insya Allah kita yakin bahwa Allah SWT akan memberikan jalan keluar. Untuk itu, mari kita tingkatkan rasa syukur dan kesabaran seraya hanya mengharap kepadaNya. Teruslah berbuat kebajikan karena Allah akan balas dengan pahala terbaik. Begitu juga sebaliknya,” pungkasnya.

Setelah selesai sholat Jumat, Atang menyempatkan diri untuk berbincang-bincang santai dengan pengurus PWI Kota Bogor dan DKM An-Naba. Dalam diskusi hangat dan santai yang berlangsung hampir 1.5 jam, Ketua DPRD Kota Bogor ini sempat memberikan sumbangan untuk operasional dan kegiatan Masjid An-Naba.

Penulis: Redaksi
Editor: Ayatullah

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.