Ikan Patin Seberat 50 Kilogram Berhasil Ditangkap Warga di Danau Lido

BOGOR,CEKLISSATU – Warga Cigombong Kabupaten Bogor, Jawa Barat berhasil menangkap dengan berat 50 di yang berlokasi di Desa Watesjaya.

“Jadi ada salah seorang warga yang sedang mancing, umpannya di makan oleh ikan. Namun, saat ditarik berat dan melihat ikan yang keluar besar,”kata agus salah seorang warg setempat, Minggu 15 Mei 2022.

Bacaan Lainnya

Kata dia, warga dan rekannya turun kedanau untuk menangkap ikan tersebut. Ternyata, ikan patin seberat 50 kilogram.

“Memang banyak ikan besar di danau Lido, dulu saya juga pernah dapat ikan mas seberat 40 Kilogram, dan itu didapat dengan alat pancing,”paparnya.

Dia juga mengatakan, ikan patin yang lebih besar dari itu diperkirakan masih ada di danau tersebut.

“Awalnya sih ikan suka nyangkut di pancingan, namun kalau sudah mau diangkat biasanya menggunakan jaring, atau masyarakat disini biasa menyebutnya kecrik,”beber Agus.

Biasanya, sambung dia, Ikan besar tersebut ada ditengah danau, rakit menjadi alat warga agar bisa mencapai ke tengah. Setelah itu umpan di tebar dan alat pancingpun di lempar.

“Menjadi kepuasan tersendiri bila dapat ikan sebesar itu,”jelasnya.

Tertangkapnya ikan patin seberat 50 Kilogram itu, menurut warga lainnya merupakan anugerah tersendiri, karena memang agak sulit didapat dan menjadi tantangan tersendiri.

“Kalau ikan-ikan kecil sih sudah biasa didapar, tapi kalau yang sebesar itu sulit, mungkin tadinya itu ikan yang lepas dari tambak yang ada di danau ini,”beber pemancing lainnya, Sodiq.

Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, merupakan bendungan yang dibuat pada zaman kolonial Belanda ternyata menyimpan harta karun yang bisa menjadi mata pencaharian bagi warga sekitar. Dari mulai dipergunakan sebagai tambak ikan sampai rumah makan terapung yang digemari oleh wisatawan asal Timur tengah.

Selain itu, masyarakat sekitar danau juga banyak yang mengandalkan pendapatan harian dari memancing atau mencari remis dan ganggang. Pendapatan yang dihasilkan meskipun tidak besar, namun mampu untuk menopang kebutuhan primer rumah tangga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.