Dinkes Belum Temukan Kasus Hepatitis Akut di Kabupaten Bogor

Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina Foto: Erul | Ceklissatu.com

BOGOR, CEKLISSATU – Dinas Kesehatan () , mengaku belum menerima laporan ataupun menemukan akut di Kabupaten Bogor.

“Belum ada, kami belum juga menerima laporan kasus itu (Hepatitis akut),” kata Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, Jumat (13/5/22).

Bacaan Lainnya

Kendati demikian, Mike memastikan telah melakukan antisipasi mencegah penularan Hepatitis akut. Salah satunya dengan membentuk tim penyelidikan epidemiologi (PE).

Dijelaskannya, PE ini semacam form investigasi untuk memantau setiap gejala yang mengarah pada hepatitis akut.

PE ini diberikan kepada rumah sakit hingga seluruh puskesmas. Nantinya, PE kan dipantau terus oleh tim untuk memastikan apakah gejala yang ditemukan benar-benar hepatitis akut atau hepatitis lain.

“Ketika kasus ini muncul, si PE inilah yang menjadi indikator untuk bisa melihat bahwa ini hepatitis akut atau hepatitis a,b,c,d. Nanti mau hasilnya hepatitis A, atau B tetap kita pantau. Jadi semua gejala yang mirip pasti kita pantau sampai ada hasil akhir yang bisa menyimpulkannya,” terang Mike.

Namun dia menegaskan jika pencegahan Hepatitis akut bisa dilakukan dengan meningkatkan dan menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Kuncinya adalah menjaga PHBS kita. Seperti mencuci tangan dengan sabun, dan memakan makanan yang sehat. Terutama untuk anak yang harus dijaga sekali makanannya,” jelas Mike.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.