Di Tamansari, Ada Tempat Pemakaman Gratis Untuk Kaum Dhuafa Seluas 1,7 Hektar

Ilustrasi Makan Foto: Freepic

BOGOR, CEKLISSATU – Tempat gratis menjadi salah satu program dari Sinergi Foundation di Desa Sukaluyu, Kecamatan , Kabupaten Bogor.

Diberi nama Firdaus Memorial Park (FMP), program berbasis wakaf, pemakaman ini menjadi solusi alternatif kaum mendapatkan tempat peristirahatan terakhir secara gratis.

Bacaan Lainnya

Dengan lahan seluas 1,7 hektare dan total 2800 kavling, taman wakaf pemakaman muslim ketiga yang dibangun di Bogor ini berkapasitas 8.400 jenazah.

“Program wakaf ini menjawab permasalahan pemakaman di Indonesia, dengan semakin sempitnya lahan dan mahalnya lahan pemakaman,” ungkap CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan, Minggu (27/3).

Sebagai organisasi nirlaba, kata Irawan, pihaknya menghimpun dana wakaf yang dikelola menjadi program kemanusiaan yang telah berjalan salah satunya FMP.

Menurutnya, Bogor masuk dalam program ketiganya setelah sebelumnya FMP membangun dua taman pemakaman di Bandung.

Bukan hanya menyediakan lahan pemakaman, tim FMP siap melayani, mulai dari prosesi memandikan, mengafani, menyalatkan, hingga memakamkan kaum dhuafa secara gratis.

“Kami mendorong bagi yang mampu, dapat mewakafkan sebagian hartanya untuk warga yang tidak mampu dengan membangun FMP,” ucap Irawan.

Di Bogor sendiri, Direktur FMP, Eggie Ginanjar menjelaskan, saat ini lahan FMP tengah dalam proses penataan. Diperkirakan, dalam dua pekan ke depan FMP di Bogor telah siap memakamkan jenasah.

“Kita sediakan 2800 kavling di mana satu kavling bertingkat bisa menampung tiga jenasah, diharapkan menjadi efisien di tengah semakin sempitnya lahan pemakaman,” jelasnya.

Untuk prosedur membangun pemakaman, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan warga setempat hingga pemerintah daerah.

“Kami juga tentunya melalui dana wakaf, terus melakukan peningkatan FMP agar terawat, asri dan nyaman sesuai syariah,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.