Menkop UKM Dukung Kacang Koro Jadi Pengganti Kedelai dan Terigu

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki bersama Wali Kota Bogor Bima Arya sedang mencicipi susu dari olahan bahan baku kacang koro Taufik | Ceklissatu.com

BOGOR, CEKLISSATU – Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki mengapresiasi inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam mengolah kacang koro menjadi berbagai hidangan makanan sebagai pengganti kacang kedelai.

Teten mengaku takjub melihat kacang koro bisa diolah menjadi berbagai varian makanan, apalagi kacang koro mengganti kacang kedelai sebagai bahan bakunya.

“Seperti kita ketahui untuk membuat tempe kita sampai impor 60 persen kedelai sebagai bahan bakunya. Tentu dengan inovasi kacang koro kita bisa membuat tempe yang murah namun gizinya tetap tinggi dan terjangkau juga daya belinya oleh masyarakat,” ucapnya usai menghadiri HUT PKK Kota Bogor di Bogor Tepi Sawah (BTS), Kelurahan Bubulak pada Jumat, 1 April 2022.

Menurut Teten, kacang koro juga bisa menggantikan terigu yang selama ini diimpor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Caranya, sambung Teten, bisa dikombinasikan antara kacang koro dan tepung singkong untuk membuat terigu.

“Dalam pengembangannya, tentu permintaan kacang koro akan meningkat dan petani tidak akan ragu lagi untuk menanam kacang koro. Terlebih, kacang koro mudah di tanam aktif dengan kondisi tanah apapun sehingga tanah-tanah marjinal atau kebun-kebun yang tidak produktif bisa di tanami kacang koro. Untuk menggantikan kedelai, tentu kita butuh kacang koro sebanyak 2,7 juta ton per tahunnya,” ungkapnya.

Kedepan, lanjut Teten, pihaknya siap mensuplai kacang koro untuk menjadi berbagai macam produk pangan sekaligus upaya mengganti kacang kedelai dan terigu.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya menambahkan, kedatangan Menkopukm untuk menyaksikan dan memberikan dukungan serta mempromosikan kacang koro sebagai pengganti kacang kedelai.

Bima mengaku, banyak pengrajin tahu tempe di Kota Bogor yang mengandalkan kacang kedelai yang tentunya sangat bergantung pada capability dari impor, harga dan lain-lain.

“Disini kita di Kota Bogor hafal betul hilirisasinya, disini di dalam rangka ulang tahun ibu-ibu PKK dari 68 kelurahan mengolah kacang koro tadi dalam berbagai tampilan. Dan Kota Bogor siap menjadi etalase dari olahan kacang koro yang tadi sudah di dorong betul oleh Pak Teten Masduki atas arahan dari pak presiden,” katanya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.