Wali Kota Pro-Rusia di Ukraina Diculik dan Ditembak Mati

Ilustrasi Foto: Istimewa

KREMINNA, CEKLISAATU – Volodymyr Struk Kreminna, Luhansk ditemukan tewas di dengan luka tembak tepat di jantung.

Wali kota ini ditemukan tak bernyawa setelah diculik pria berseragam kamuflase dari rumahnya.

Bacaan Lainnya

Luhansk merupakan wilayah di timur yang telah diakui sebagai negara merdeka oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Struk menjadi Wali Kota Kreminna sejak 2020.

“Dia menderita luka tembak di jantung setelah diculik,” tulis kantor berita Ukraina, UNIAN.

Pada 1 Maret 2022, istri Struk sempat melaporkan penculikan suaminya oleh pria berseragam kamuflase kepada polisi setempat.

Anton Gerashchenko, penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina juga menginformasikan kematian Wali Kota Kreminna melalui Telegram.

“Ada satu pengkhianat yang berkurang di Ukraina. Wali Kota Kreminna di wilayah Luhansk, mantan wakil parlemen Luhansk ditemukan tewas,” kata Anton seperti dikutip New York Post, Jumat 4 Maret 2022.

Gerashchenko mengeklaim bahwa Struk adalah pendukung Republik Rakyat Luhansk (LPR) yang pro-Rusia. “Dia punya banyak uang, kemungkinan diberikan kepadanya oleh Rusia,” tulis penasihat itu.

Gerashchenko menuduh bahwa Struk dianggap sebagai pengkhianat dan kini dihakimi oleh “pengadilan rakyat”. Pada 2014 dia adalah pendukung aktif LPR.

“Dia kemudian pergi ke bagian wilayah Luhansk yang bebas dari pendudukan sementara (dan)dua kali terpilih sebagai kepala OTG Kreminetskoí,” ujarmya.

Pada minggu lalu, dia secara aktif mengambil posisi Rusia, mengampanyekan deputi OTG untuk berkomunikasi dengan Federasi Rusia dan LPR-mengumpulkan deputi tentang masalah ini.

“Dia ditembak oleh patriot yang tidak dikenal karena dianggap sebagai pengkhianat,” tulis Gerashchenko.

Luhansk adalah bagian dari wilayah Donbas di Ukraina timur yang mencakup kantong-kantong separatis yang pro-Rusia.

Presiden Vladimir Putin pekan lalu secara resmi mengakui Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR) sebagai negara merdeka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.