BANDUNG, CEKLISSATUEmpat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani, di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung, Sabtu (31/8/2024).

Pemeriksaan ini dilakukan sejak Jumat 30 Agustus hingga Minggu 1 September 2024. 

Pada hari kedua ini, terdapat dua pasangan calon yang baru menjalani pemeriksaan kesehatan jasmani yaitu, Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja yang diusung oleh PDIP, dan Acep Adang Ruhiat-Gitalis Dwi Natarina yang diusung oleh PKB.

"Hari kedua ini, semuanya menjalani tes kesehatan, dua pasangan calon menjalani tes jasmani, dua lagi rohani (Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan dan Ahmad Syaikhu-Ilham Akbar Habibie). Jadi empat-empatnya," ujar Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni, di RSHS Kota Bandung, Sabtu (31/8/2024).

Baca Juga : ASIH Resmi Daftar Pilgub Jabar,  Ahmad Syaikhu Bersama Ilham Habibie Miliki Kekuatan Iman dan Takwa

Pasangan Jeje-Ronal mengaku tidak memiliki persiapan khusus untuk menjalani pemeriksaan kesehatan. Bagi, Jeje pemeriksaan kesehatan ini bukan hal baru.

"Saya empat kali (tes kesehatan), waktu di Ciamis satu kali, jadi sudah biasa dan sudah biasa mengikuti apa yang jadi syarat pemeriksaan kesehatan. Hari ini rohani besok jasmani," ujar Jeje.

Pun demikian dengan calon wakilnya, Ronal yang memastikan dirinya sehat secara rohani dan jasmani.

"Insya Allah saya sehat secara jasmani dan rohani, tidur juga cukup. Sebelum ke sini ngobrol sama mama dan bapak santai di rumah udah gitu," ujar Ronal.

Baca Juga : Isu Panas Soal Pembentukan KIM Plus Jakarta dan Jabar, Bacagub Dedi Mulyadi Beberkan Soal Ini

Sementara pasangan Acep Adang-Gita KDI juga memastikan tidak ada persiapan khusus untuk menjalani syarat Pilgub Jabar ini. Acep mengatakan, dirinya sudah siap dan menjalani semua tes yang diberikan. 

"Siap, kita sudah oke tinggal menunggu, masalah kesehatan dan lainnya, tidak ada persiapan khusus ngalir saja," ujar Acep. 

Senada dengan Acep, Gita juga mengaku tidak ada persiapan khusus, hanya di rumah untuk memastikan kondisi tubuh terjaga dengan baik. 

"Mengalir saja, mudah mudahan lancar kita istirahat gak kemana-mana mempersiapkan kondisi fit," ujar Gita. 

Sementara, untuk pasangan yang menjalani tes kesehatan rohani, Dedi Mulyadi-Erwan dan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie memastikan telah menjalankan sesuai prosedur. 

Dedi memastikan, selama proses tes tidak ada hambatan. Ia juga tidak memiliki persiapan khusus. 

"Sebenarnya bukan pemeriksaan rohani, tapi pemeriksaan kejiwaan karena rohani tidak bisa diperiksa, kejiwaan itu didasarkan pada pikiran," ujar Dedi Mulyadi. 

Sementara Ahmad Syaikhu mengatakan, selama proses tes bersama pasangannya Ilham Habibie, tidak ada hambatan serius, semua dijalani dengan mengalir begitu saja.

"Saya ikuti saja (aturan tes), ngalir saja," ujar Syaikhu.